Jalankan Program MILKITA Forum Anak Bengkalis turun ke SDS Yapendik Rupat Utara

icon   Pada 24 November 2023 Bagikan ke :

BENGKALIS - Dalam rangka pemenuhan hak anak klaster 1 (Satu) hak sipil dan kebebasan forum anak Kabupaten Bengkalis menggandeng Upt.Dinas kependudukan dan pencatatan sipil kecamatan Rupat Utara dalam memfasilitasi pembuatan KIA di SDS Yapendik Rupat Utara Selasa, 21 November 2023.

Program kegiatan inovasi forum anak kabupaten Bengkalis ini dinamai MILKITA (Miliki KIA dan Akta) yang digagas oleh ketua forum anak kabupaten Bengkalis Syahril Kurniata.

Kegiatan ini diawali dengan Sosialisasi Penting kepemilikan KIA kepada siswa-siswi di SDS Yapendik yang disampaikan oleh Fasilitator Forum Anak Restia Aumalia Husna.

KIA adalah kartu identitas yang dikhususkan untuk anak berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah, ungkap Restia.

Fasilitator forum anak Restia mengungkapkan di dalam kia ini terdapat beberapa informasi yang tertera meliputi nomor induk kependudukan (NIK), foto anak, nama orangtua, dan alamat rumah.

"Manfaat KIA antara lain melindungi pemenuhan hak anak menjamin akses sarana umum mencegah terjadinya perdagangan anak menjadi bukti identifikasi diri ketika anak sewaktu-waktu mengalami peristiwa buruk, memudahkan anak mendapatkan pelayanan publik di bidang kesehatan, pendidikan, imigrasi, perbankan, dan transportasi" paparnya.

Disisi lain Fasilitator Firman dan anggota forum anak lainnya langsung mendata Siswa-siswi yang belum mempunyai KIA dan memfasilitasi pembuatan KIA dengan mengumpulkan syarat-syarat pembuatan KIA antara lainIsmail copy KK, Fotocopy KTP Orang Tua, dan Pas Foto Anak ukuran 2x3.

Pendamping Forum Anak kabupaten Bengkalis Amrina yang saat itu ikut turun menyatakan terjaring 23 anak yang belum memiliki KIA di SDS Yapendik.

"Setelah didata oleh teman-teman Forum Anak terdapat sekitar 23 anak yang belum memiliki KIA, namun Alhamdulillah kami juga sudah mengantongi persyaratan pembuatan KIA untuk 23 anak yang belum mempunyai KIA ini. Ungkap Amrina.

Jelas Amrina setelah mengantongi persyaratan pembuatan KIA ini, teman-teman Forum Anak akan langsung menyerahkan seluruh persyaratan kepada UPT Disdukcapil kecamatan Rupat Utara. 

Kegiatan ini dihadiri Pembina Forum Anak Amrina Zulfieyati dan Teguh Pranata, Fasilitator Forum Anak kabupaten Bengkalis Restia Aumalia Husna, Foni Anggraini, Firman, Ketua Forum Anak Kabupaten Bengkalis. Staf UPT.Disduk Capil kecamatan Rupat Utara.