Kapal Pengganti Roro Bengkalis-Pakning Jalani Ujicoba

icon   Pada 6 Februari 2012 Bagikan ke :
KMP Mulia Nusantara menjalani ujicoba rute penyeberangan. Kapal tersebut menggantikan KMP MCS untuk penyeberangan Bengkalis-Sei Pakning.

BENGKALIS - Kapal penyeberangan pengganti KMP Mandala Citra Sakti (CMS), yakni KMP Mulia Nusantara (MN) GT 631 asal Palembang tiba di Bengkalis Ahad (5/2/12) kemarin. Senin (6/2/12), KMP MN dilakukan ujicoba sandar di armada roro Air Putih (Bengkalis) berjalan lancar.

Kapal pengganti KMP CMS tersebut, mulai melakukan uji coba sekitar pukul 10.00 WIB. “Alhamdulillah, saat sandar tadi tidak ada masalah, mulus seperti kapal yang lain, bahkan kapal ini lebih cepat dari kapal sebelumnya, karena memang GT-nya lebih besar,” papar Kepala Bidang Perhubungan Darat Ja’afar Arief kepada sejumlah wartawan disela-sela ujicoba, Senin (6/2/12).

Dipaparkan Ja’afar, kapal KMP MN memiliki kapasitas penumpang tidak jauh berbeda dengan kapal sebelumnya. Hanya interior kapal lebih bagus dan lebih cepat. “Kapasitasnya sama saja dengan yang sebelumnya. Cuma interiornya lebih bagus dan lebih laju,” terangnya.

Jika tidak ada aral melintang, diperkirakan Rabu (8/2/12) kapal KMP MN sudah resmi beroperasi. Saat ini masih menunggu satu surat Keselamatan Pelayaran yang sedang diurus di Dumai.

“Targetnya lusa (Rabu, red) rencananya kita akan beroperasi. Hanya masih menunggu Surat Keselamatan Berlayar dari Dumai karena yang di Palembang sudah tidak berlaku lagi,” katanya lagi.

Sementara itu, salah satu kapal penyeberangan melayani penumpang tujuan dari dan ke Bengkalis-Pakning, yaitu Aeng Mas, dijadwalkan 10 Februari mendatang akan melakukan docking.

“Aeng Mas dalam waktu dekat docking lama. Jadi, penyeberangan akan dilayani dua unit kapal. Kita berharap tidak ada masalah,” imbuhnya.***(dik_RT.C)