Karang Taruna Harus Laksanakan Fungsi Dengan Baik

icon   Pada 25 September 2011 Bagikan ke :
03-June-2009

Sungai Pakning – Sebagai subjek dan wadah pembinaan generasi muda dalam bidang usaha kesejahteraan sosial di tingkat desa/kelurahan, Karang Taruna harus benar-benar dan mampu menunjukkan fungsi dan peranannya secara optimal di tengah-tengah masyarakat.

“Hanya dengan cara demikian Karang Taruna dapat memperoleh legetimasi dan kepercayaan dari komponen-komponen yang lain yang sama-sama berpatisipasi dalam pembangunan desa/keluraharan khususnya pembangunan dalam pembangunan dalam bidang kesejahteraan sosial”, kata Sekretaris Daerah Bengkalis H Sulaiman Zakaria.

Harapan itu disampaikan Sulaiman ketika menutup pelatihan Karang Taruna tingkat desa/kelurahan se-kecamatan Bukit Batu dan Siak Kecil. Penutupan kegiatan yang dilaksanakan Rabu (3/6) kemarin dipusatkan di Gedung Serbaguna Bujang Kelana Desa Sungai Selari, Kecamatan Bukit Batu.

Kemudian, kata Sulaiman, untuk dapat memperoleh legitimasi dan kepercayaan, Karang Taruna harus memiliki program kegiatatan yang jelas sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan yang ada disekitarnya. Program kegiatan Karang Taruna harus berlangsung secara melembaga, terarah dan berkesinambungan serta melibatkan seluruh unsur generasi muda yang ada.

Pada bagian lain, Sulaiman juga mengharapkan agar seluruh pengurus dan anggota Karang Taruna juga ambil bagian secara aktif dalam menyikapi dan menangani berbagi permasalahan kesejahteraan sosial. “Khususnya yang dialami para pemuda”, tegasnya.

Diingatkan Sulaiman, pada saat ini permasalahan sosial merupakan suatu fenomena yang terjadi cenderung meningkat, tidak terkecuali di kalangan generasi muda sebagai dampak dari proses pembangunan, arus globalisasi, demokrasi dan perkembangan penduduk yang terus meningkat.

“Untuk itu, kita semua, lebih-lebih organisasi pemuda seperti Karang Taruna harus berpartisipasi dan ambil bagian secara aktif untuk mengatasinya sebagai wujud tanggung jawab kita di tengah masyarakat dan lingkungan”, harapnya lagi.

Kemudian, Sulaiman juga mengajak seluruh anggota Karang Taruna untuk mampu mengamati, mengkaji dan mengantisipasi berbagai permasalahan sosial yang menyangkut pembinaan generasi muda di Daerah ini, baik saat ini dan di masa yang akan datang,

Selanjutnya, ikut berpartisipasi dalam meningkatkan aktivitas dalam upaya pembinaan SDM generasi muda melalui peningkatan keterampilan dan kemandirian serta harus mampu terlibat perannya dalam peningkatan kualitas taraf ekonomi masyarakat

Dalam kesempatan itu juga, kepada Dinas Kesejahteraan Sosial sebagai pembina berharap agar program pembinaan kader Karang Taruna, baik melalui pelatihan maupun jalur pembinaan lainnya, seperti olahraga, kesenian, dan sebagainya ke depan diharapkan dapat terus dilakukan secara lebih terperogram, sehingga tidak ada waktu terbang bagi generasi muda untuk melakukan ha-hal yang negatif.

“Seperti terpengaruh smengkomsumsi narkoba serta minuman keras, termasuk pergaulan bebas yang sangat tidak sesuai dengan nilai-nilai budaya luhur bangsa ini”, pesan Sulaiman.

Usai memnutup kegiatan tersebut, dalam kunjungan selama satu hari di Bukit Batu tersebut, Sulaiman juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan masjid Al Mustaqim serta meresmikan pemakaian gedung Sekretariat Forum Komunikasi Kepedulian Pemuda Dusun Sukoharjo Desa Sejangat Kecamatan Bukit Batu.
(Sumber : jhn/Humas Kab.Bengkalis)