Kasmarni Amril : Gencarkan Budidaya Serta Konsumsi Ikan Guna Menciptakan Generasi Sehat, Cerdas dan Kuat

icon   Pada 24 Oktober 2019 Bagikan ke :

PEKANBARU, HUMAS - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bengkalis, Kasmarni Amril menghadiri Lomba Masak Serba Ikan Provinsi Riau dan Kampanye Makan Ikan Tahun 2019, Kamis (24/10/19), di Halaman Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau.

Lomba Masak Menu Ikan dan Kampanye Makan Ikan Tahun 2019 tingkat Provinsi Riau ini mengangkat tema ragam menu masakan ikan untuk menyehatkan masyarakat mencegah stunting dan mencerdaskan anak, dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Riau, H Edi Natar Nasution.

“Tujuan dilaksanakan kegiatan Lomba Masak Serba Ikan Provinsi Riau dan Kampanye Makan Ikan Tahun 2019 ini untuk membangun kesadaran gizi individu/kelompok masyarakat agar gemar mengonsumsi ikan,” Ucap H. Edi Natar.

Selain itu kata H Edi Natar kampanye gemarikan ini dilaksanakan untuk membangun kesadaran masyarakat agar memilih ikan sebagai sumber protein utama dalam menu keluarga.

“Konsumsi pangan yang berkualitas tinggi, khususnya dari sumber hewani ikan secara langsung akan berpengaruh pada derajat kesehatan dan kualitas sumber daya manusia,” jelasnya.

Suksesnya kampanye ini, kata H Edi Natar diharapkan dapat berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama pembudidaya dan pengolah hasil perikanan karena meningkatnya konsumsi ikan.

“Perlu adanya sinergi antara penggiat, pelaku   usaha perikanan, pemerintah dan masyarakat di Provinsi Riau ini, untuk berkomitmen agar gemarikan tidak hanya sekedar seremonial saja namun menjadi program yang berkelanjutan dan membudaya dalam masyarakat,” Nterangnya.

Menanggapi apa yang disampaikan oleh Wakil Gubernur Edi Natar, terkait kampanye dan gerakan masyarakat konsumsi ikan tersebut. Istri orang nomor satu di Negeri Junjungn Kabupaten Bengkalis, Kasmarni Amril juga mengajak seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Bengkalis untuk gencar membudidayakan serta mengonsumsi ikan guna menciptakan generasi yang sehat, cerdas dan kuat.

Pemerintah Kabupaten Bengkalis terus melakukan upaya peningkatan konsumsi ikan kepada masyarakat melalui kampanye gerakan memasyarakatkan makan ikan (gemarikan) dengan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kandungan gizi dan manfaat ikan yang dilaksanakan pada bulan September lalu.

"Budidaya makan ikan ini patut di tiru dan tanamkan kepada anak-anak sejak dini juga kepada penerus bangsa. Agar generasi penerus bangsa kedepannya dapat diandalkan sebagai generasi yang cerdas dan sehat," kata Kasmarni.

Terkait mensukseskan gerakan ini. Semua pihak harus meningkatkan kemitraan dan koordinasi dalam rangka menjaga ketersediaan ikan untuk konsumsi masyarakat, terpeliharanya lingkungan hidup tempat budidaya ikan serta mendorong peran serta dari masyarakat seperti organisasi wanita untuk ambil bagian dalam program ini.