Kasus Covid-19 di Bengkalis Bertambah 15 Orang, Terbanyak di Kecamatan Rupat

icon   Pada 14 Juni 2021 Bagikan ke :

BENGKALIS – Hari ini, Ahad, 13 Juni 2021, kasus baru terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Bengkalis jumlahnya menurun. 

Jika kemarin sebanyak 35 orang, hari ini penambahannya kurang dari separuhnya. Hanya 15 orang.

Sesuai data yang dirilis Dinas Kesehatan hingga pukul 18.00 WIB, 15 kasus baru itu tersebar di 6 kecamatan.

Kadis Kesehatan Ersan Saputra Th menjelaskan, penambahan kasus terbanyak di Kecamatan Rupat 6 orang dan kedua di Mandau 4 orang.

“Sedangkan 5 kasus baru lainnya dari Bantan 2 orang serta Bathin Solapan, Bukit Batu dan Pinggir masing-masing 1 orang”, imbuhnya, seraya mengatakan hari ini tidak ada tambahan pasien yang meninggal dunia.

Secara rinci, mantan Direktur RSUD Mandau ini memaparkan, 6 kasus baru di Rupat berasal dari (desa/kelurahan) Tanjung Kapal 3 orang, Terkul 2 orang dan Batu Panjang 1 orang.

Untuk Mandau, dari Talang Mandi 2 orang, serta Duri Barat dan Pematang Pudu masing-masing 1 orang.

“Sedangkan di Bantan keduanya warga Teluk Papal, 1 orang di Bathin Solapan dari Simpang Padang, 1 orang di Bukit Batu dari Sungai Pakning dan 1 orang di Pinggir dari Pangkalan Libut”, kata Ersan.

Masih menurut Ersan, dengan penambahan 15 kasus baru tersebut, maka total terkonfirmasi Covid-19 di daerah ini menjadi 4.190 orang.

Sementara untuk pasien yang sembuh, imbuh Ersan lagi, ada penambahan 28 orang, sehingga keseluruhannya menjadi 3.640 orang (86,87 persen).

“Adapun sisanya, 166 orang meninggal dunia (3,96 persen), dirawat di rumah sakit 36 orang (0,86 persen) dan menjalani isolasi mandiri 348 orang (8,31 persen)”, ujarnya.

Di bagian lain dan untuk memutus mata rantai penyebarannya, Ersan tak henti-hentinya mengingatkan dan mengimbau seluruh lapisan masyarakat di daerah ini senantiasa mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19, kapan dan dimana pun berada. 

Kemudian, kepada mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri, dia berharap supaya senantiasa berada di kediaman masing-masing. 

Agar tidak menulari orang lain, pintanya, bagi yang menjalankan isolasi mandiri, tak boleh bepergian kemana pun. Jangan melakukan kontak erat dengan siapa pun. 

“Apalagi dalam 2 hari terakhir, kasus baru yang terjadi banyak disebabkan kontak erat dengan kasus terkonfirmasi sebelumnya”, tutup Ersan. #DISKOMINFOTIK