Ketua DPRD Pembicara Seminar Internasional

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :

30-April-2011

BENGKALIS - KETUA DPRD Kabupaten Bengkalis Indra Gunawan Eng, phDC menjadi pembicara pada seminar internasional yang ditaja oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Bengkalis dihotel Marina, Sabtu (30/4/11).

Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis yang juga dosen STIES ini, menyampaikan materi soal motivasi kepemimpinan. Menurutnya, menjadi seorang pemimpin itu harus memiliki motivasi karena dengan motivasilah seseorang bisa bertahan menjadi seorang pemimpin.

Ditambahkan pria yang akrab disapa Eet ini, seorang pemimpin akan bertahan lama kalau ia suka berorganisasi. Sebab, melalui organisasi membuat seseorang tahu bagaimana cara memimpin dengan baik.

“ Melalui Organisasi kita bisa berlajar bagaimana seni memimpin yang baik dan paham bagaimana memaju organisasi. Jika kita bisa menguasai teknik-teknik memimpin yang baik, maka sudah barang tentu akan bisa bertahan menjadi seorang pemimpin,” papar Eet yang telah menggeluti sekitar 80 organisasi.

Seorang pemimpin bisa bertahan lama, papar Eet, juga harus memiliki exellent idea (ide yang cemerlang). Dengan ide-ide yang brilian yang ditelurkan seseorang pemimpin maka organisasi yang dipimpin bisa berkembang dengan baik.

“menjadi pemimpin harus memiliki ide-ide yang bernas sehingga orang-orang akan merasa kehadiran kita sangat dibutuhkan. Tanpa memiliki exellent idea tidak mungkin seorang pemimpin bisa bertahan lama memimpin suatu organisasi atau lembaga,” ungkapnya.

Pemimpin juga harus memahami dan menjiwai kondisi sosial disekitarnya. Jika sudah memahami dan menjiwai kondisi sosial, ia akan melakukan inovasi-inovasi terhadap apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“ sebaliknya jika seorang pemimpin tidak peka terhadap kondisi sosial disekitarnya, maka sulit untuk bisa bertahan lama menjadi pemimpin,” ungkap Eet seraya menegaskan bahwa menjadi seseorang pemimpin itu bukan untuk ditakuti tapi untuk disegani.

Tak kalah penting, untuk bisa bertahan menjadi seorang pemimpin yang baik dan disegani memiliki komitmen yang tinggi. Jika hal ini tidak dimiliki maka akan sulit untuk bisa bertahan menjadi seorang pemimpin.

Selain Eet, turut menjadi pembicara pada seminar internasional yang diikuti pada kandidat master dan Doktor serta Mahasiswa STIES Bengkalis, anatara lain Prof Dr Zaidi Hajazi dan Prof Dr Salmah Ayub dari Universitas selangor, Malaysia.

Pada kesempatan itu Zaidi Hajazi menekankan pentingnya pendidikan karena kunci sukses negara-negara maju seperti Jepang adalah baiknya kualitas sumber daya mereka. Semakin banyak masyarakatnya sekolah S2 dan S3, maka semakin maju pulalah suatu negara. (gen)