LAMR Kabupaten Bengkalis Lakukan Safari Ramadan di Masjid Besar Al-Hikmah Kecamatan Siak Kecil Kita Dukung Wacana Penyatuan Pulau di Wilayah Pesisir

icon   Pada 27 Mei 2019 Bagikan ke :

LUBUK MUDA, HUMAS - Usai melakukan pengukuhan pengurus Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kecamatan Siak Kecil masa khidmat 2019-2024 dan acara berbuka puasa bersama, Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Bengkalis melanjutkan kegiatan safari ramadhan di Kecamatan Siak Kecil bertempat di Masjid Besar Al-Hikmah Kecamatan Siak Kecil, Minggu (26/05/2019) malam.

 

Rangkaian kegiatan safari ramadhan LAMR Kabupaten Bengkalis diawali dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an oleh Qari’ah Nurkamaliza, dilanjutkan pula dengan penyerahan dana operasional LAMR Kecamatan Siak Kecil tahun 2019 yang diterima oleh Ketua Umum DPH LAMR Kecamatan Siak Kecil Datuk Edi Yusri dari LAMR Kabupaten Bengkalis yang diserahkan oleh Ketua Umum DPH LAMR Kabupaten Bengkalis Datuk Seri H. Sofiyan Said.

 

Ketua Umum DPH LAMR Kabupaten Bengkalis dalam sambutannya menyampaikan maksud safari ramadhan ini tiada lain adalah untuk mempererat tali silaturrahmi antara LAMR Kabupaten dengan LAMR Kecamatan serta masyarakat Siak Kecil secara umum.

 

“Kami rombongan LAMR Kabupaten Bengkalis memang sengaja untuk hadir di Kecamatan Siak Kecil dalam rangkaian safari ramadhan 1440 H, agar kami dapat lebih dekat lagi menjaga hubungan silaturrahmi yang dapat menimbulkan keakraban diantara kita, selain itu sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah bahwa menjalin silaturrahmi dapat memanjangkan umur serta memurahkan rezki kita,” Ucap Datuk Seri Sofyan.

 

kunjungan muhibbah dan safari ramadhan pada mala mini di Kecamatan Siak Kecil sambung Datuk Seri Sofiyan Said, merupakan safari untuk yang kedua kalinya dilaksanakan oleh LAMR Kabupaten Bengkalis. Sebab sebelumnya kami telah melakukan kunjungan perdana di kecamatan Bandar Laksamana tepatnya di Desa Tenggayun.

 

Dalam kesempatan yang sama, beliau juga menyampaikan bahwa pentingnya menjaga adat dan budaya Melayu di Daerah Pesisir, terlebih saat ini wilayah pesisir Menjadi pintu gerbang masuknya berbagai tindak kejahatan ke Negeri Junjungan ini.

 

“Perlunya langkah konkrit dan kerja nyata kita semua dalam upaya peningkatan serta pengangkatan kembali akan nilai-nilai adat serta kebudayaan melayu di Kabupaten Bengkalis khususnya di Kecamatan Siak Kecil, karena Melayu harus menjadi tuan dinegeri sendiri,” Ujar Datuk Seri Sofyan.

 

Dalam kesempatan ini juga Datuk Seri Sofyan Said menyampaikan gagasan Gubenur Provinsi Riau, Syamsuar untuk merencanakan penyatuan pulau diwilayah pesisir sehingga diharapkan akan terbukanya akses transportasi baik di kabupaten Bengkalis dan Kecamatan Siak Kecil Khususnya.

 

Rangkaian safari ramadhan LAMR Kabupaten Bengkalis diakhiri dengan siraman rohani/tausyiah ramadhan yang disampaikan oleh Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Bengkalis H. Amrizal, M.Ag.

 

Ikut hadir dalam rombongan Safari Ramadhan Lembaga Adat Melayu Riau Kabupaten Bengkalis ini timbalan Ketua Umum MKA Datuk Bachrum Mansur, Sekretaris Umum DPH Datuk Alimuzar serta jama’ah masjid Besar Al-Hikmah Kecamatan Siak Kecil.