Layanan Kesehatan Harus Baik

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :

04-May-2011

BENGKALIS - Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh, mengaku masih mendengar laporan tentang keluhan masyarakat yang berobat di RUSD Bengkalis. Sejumlah pasien harus membeli obat diluar RSUD karena di RUSD obat-obat tersebut tidak tersedia

“ tentang obat-obat ini, saya meminta betul agar diarahkan sebagaimana mestinya. Jangan sampai menggunakan obat diluar ketentuan atau karena kepentingan keuntungan. Saya akan memberikan sanksi berat jika hal-hal semacam ini masih ditemukan,” ujar Herliyan saat pertemuan Koordinasi Jamkesmas se-Kabupaten Bengkalis di Hotel Marina, Rabu(4/5/11).

Tidak hanya soal obat-obatan yang masih memberatkan masyarakat, Herliyan juga meminta kepada seluruh Puskesmas untuk memberikan rujukan kepada masyarakat ke RSUD Bengkalis. Terutama mereka yang sudah melengkapi seluruh persyaratan yang ditentukan.

“ saya dengar masih ada Puskesmas yang enggan memberikan rujukan. Sangat kita kesalkan hal seperti ini terjadi. Jika semua persyaratan yang diminta sudah dipenuhi, tidak ada alasan bagi Puskesmas untuk tidakmemberikan surat rujukan,” imbuh Herliyan seraya meminta seluruh Puskesmas untuk memberikan layanan kesehatan yang baikbagi masyarakat.

Sementara itu terkait alokasi mobil ambulance yang dianggarkan tahun ini, kata Herliyan, belum semua desa mendapatkan jatah mobil ambulance, hanya desa-desa tertentu yang mendapatkannya.” Saya meminta Dikses data dan kaji kondisi lapangan. Desa mana saja yang tepat dan layak mendapatkan jatah mobil ambulance ini. Kita berharap beberapa tahun kedepan semua desa sudah mendapatkan mobil ambulance,”terangnya.

Sebelumnya, Kadis Kesehatan kabupaten Bengkalis, H Zulfan Herri mengatakan, dari 498.400 jiwa penduduk berdasarkan sensus penduduk tahun 2010, ternyata 308.583 jiwa penduduk kabupaten Bengkalis belum memperoleh jaminan Kesehatan. Untuk itu Pemkab Bengkalis menyiapkan Jamkesmasda, dimana kesehatan semua penduduk Kabupaten Bengkalis diasuransikan ( Universal health coverage) yang preminya ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

“Jamkesda merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah dalam,memenuhi hak hidup sehat bagi seluruh penduduk termasuk penduduk miskin,” ungkap Zulfan.(auf)