Mahasiswa Polbeng Gelar Pelantikan Panwas dan KPR

icon   Pada 27 September 2022 Bagikan ke :

BENGKALIS - Pemira atau Pemilihan Umum Raya merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa sebagai wujud ajang pembelajaran praktik demokrasi untuk memilih calon pemimpin mahasiswa.

Pemira dilaksanakan setiap 1 tahun sekali yang diselenggarakan oleh KPR (Komisi Pemilihan Raya).

Sedangkan KPR merupakan organisasi yang bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan pemira dan dibentuk oleh Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM) dengan melalui beberapa tahapan seleksi. Selain itu kinerja KPR dan pelaksanaan pemira juga diawasi oleh KPP (Panitia Pengawas Pemira) yang juga dibentuk oleh Majelis Perwakilan Mahasiswa. Senin, 26 September 2022.

Ketua Pelaksana Apri Wily mengatakan Pemilihan Raya Politeknik Negeri Bengkalis merupakan sebuah pesta demokrasi yang diadakan setiap satu tahun sekali untuk memilih calon penerus MPM, BEM dan HMJ untuk satu tahun kedepan, melalui pemungutan suara. 

"Bakal calon penerus MPM, BEM dan HMJ akan diseleksi dengan beberapa tahapan yang ada di Pemira," kata Apri.

Apri menjelaskan MPM Politeknik Negeri Bengkalis membuat sebuah Program kerja yang bernama Pelantikan Panwas, KPR dan Pemira 2022. "Program kerja bertujuan untuk membentuk organisasi yang independen dimana mahasiswa terjun di lingkungan kampus demi terwujudnya pesta demokrasi di lingkungan kampus," katanya.

Apri mnejelaskan dengan adanya pemira dapat menilai peranan mahasiswa dalam menghadapi pesta demokrasi kampus.

"Semoga setelah dilantiknya Panwas, dan KPR di Politeknik Negeri Bengkalis ini akan menjadi ajang pesta demokrasi Mahasiswa di mana demokrasi ini dari kita, oleh kita, dan untuk kita." Ucapnya. ##DISKOMINFOTIK.