Menhut Canangkan Tanam 1 Miliar Pohon di Bengkalis

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :
13-December-2010

Bengkalis - Menteri Kehutanan RI Zulkifli Hasan, mencanangkan Gerakan Penanaman 1 miliar pohon untuk tingkat kabupaten yang dipusatkan di Kampus Politeknik Bengkalis, Ahad (12/12).

‘’Untuk tingkat kabupaten, pencanangan ini merupakan yang pertama kali digelar. Alhamdulillah Bengkalis mendapat kehormatan pertama. Sementara untuk tingkat nasional dan provinsi telah dilakukan,’’ papar Menhut dalam sambutan tanpa teks.

Diakui Menhut, akibat eksploitasi hutan yang berlebihan menyebabkan kondisi alam tidak seimbang. Ini ditandai dengan meningkatnya suhu atau yang sering disebut dengan global warming(pemanasan global).

‘’Global warming seperti ajaran baru yang lahir di dunia ini. Semua orang membicarakannya, tapi itulah fakta yang terjadi hari ini. Dampaknya telah mulai kita rasakan, dimana terjadi perubahan cuaca yang sangat ekstrim sekali,’’ papar Zulkifli Hasan.

Meski eksploitasi hutan yang luar biasa selama 40 tahun, untungnya kata Menhut, di Riau ini masih ada hutan yang tersisa. Seperti Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Bukitbaru, merupakan sumbangsih Riau untuk dunia dan telah mendapat penghargaan dari Unesco.

‘’Saya telah beberapa kali terbang di atas Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Bukitbaru dan juga pernah turun ke sana. Alhamdulillah, masih ada hutan alam kita yang tersisa yang kita sumbangkan untuk menyelamatkan dunia,’’ papar Zulkifli Hasan.

Untuk mengganti hutan yang telah rusak tersebut, papar Menteri, perlu adanya gerakan bersama-sama untuk menanam pohon. ‘’Dulu kita jor-joran menebang hutan. Sekarang mari kita bersama-bersama menanam pohon. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini mampu membuahkan hasil, paling tidak amal yang sholeh,’’ ujarnya.

Sebagai bentuk keseriusannya melindungi hutan, Menhut menekan bahwa ia telah memerintahkan jeda tebang dan tidak ada lagi dikeluarkan izin yang baru.

‘’Ketika saya menjabat Menhut, saya tidak membenarkan lagi adanya penebangan hutan dan penertiban izin usaha pengolahan hutan,’’ paparnya.

Menhut juga telah menggulirkan program hutan tanaman rakyat. Tujuannya untuk memberi kesempatan kepada masyarakat untuk mengelola hutan yang ditinggalkan atau kosong sehingga masyarakat juga menikmati hasilnya.

Awasi Pengelolaan Hutan

Dalam pada itu, Zulkfili Hasan mengatakan dirinya akan mengawasi seluruh izin pengelolaan hutan yang ada saat ini. jika dalam perjalanannya ada yang menyimpang, maka izin tersebut pantas untuk dievaluasi kembali.

Hak itu dikemukakan menjawab sejumlah wartawan, di sela-sela program penanaman 1 miliar pohon di Politeknik Bengkalis, Ahad (12/12). Menurut Zulkifli Hasan, selama dirinya dilantik menjadi menteri, belum satu izin pengelolaan kehutanan yang dikeluarkan. Izin pengelolaan hutan yang ada saat ini adalah produk lama.

‘’Saya belum mengeluarkan satu buah izinpun, izin yang ada saat ini adalah izin yang lama. Kendati begitu, kita tetap akan awasi izin atau realisasi di lapangan, jika kemudian kita temukan ada penyimpangan atau hal-hal yang bertentangan dengan aturan, akan kita tinjau kembali,’’ janji kader PAN ini.