Minggu Ini Bupati Sampaikan Nota Keuangan 2011

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :
17-January-2011

BENGKALIS - Minggu ini diperkirakan Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh akan menyampaikan nota keuangan tahun 2011 dalam sidang paripurna DPRD Bengkalis. Karena diperkirakan dalam pekan ini, MoU Rancangan KUA dan PPAS tahun anggaran 2011 bisa ditandatangani.

"Berdasarkan komunikasi kita ke DPRD memang ada kemungkinan MoU (KUA dan PPA,red) ditandatangani Rabu ini. Kalau memang itu benar, maka RAPBD 2011 bisa segera kita sampaikan, ujar Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh, kepada sejumlah wartawan saat ditemui di Kantor Bupati Bengkalis, Senin (17/1).

Dikatakan, Pemkab memang berkeinginan agar proses pengesahan APBD bisa dilakukan sesegera mungkin. Apalagi ketergantungan ekonomi masyarakat terhadap APBD begitu besar sehingga keterlambatan proses pengesahan APBD bisa berdampak kepada kelancaran roda perekonomian.

Disamping itu, masih menurut Bupati Bengkalis, ada beberapa program yang terkait langsung dengan masyarakat baru bisa direalisasikan kalau APBD sudah disahkan. Sebagai contoh, program jamkesda yaitu pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat, disatu sisi sangat dibutuhkan karena banyak yang berobat ke RSUD Bengkalis dari golongan ekonomi menengah ke bawah. Namun, disisi lain, dengan belum disahkannya APBD, maka belum diketahui berapa sebenanya dana jamkesda ini yang nantinya disetujui.

"Ini merupakan salah satu contoh, dan masih banyak contoh lainnya akibat dari pengesahan APBD yang terlambat," kata Bupati Bengkalis lagi.

Saat ditanya berapa APBD Kabupaten Bengkalis tahun 2011, secara diplomatis Bupati Bengkalis mengatakan tidak etis untuk disampaikan karena pembahasannya saja belum dilakukan. Namun, dengan pertimbangan bahwa APBD Kabupaten Bengkalis sebagian besar ditopang oleh dana perimbangan, terutama dari bagi hasil migas, maka sepertinya tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

Bupati Bengkalis mengatakan, Pemkab saat ini menunggu tindak lanjut dari DPRD dan siap menyampaikan nota keuangan 2011 kapan saja sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Kita percaya, DPRD pun memiliki keinginan yang sama dengan kita agar bagaimana APBD bisa secepatnya disahkan. Karena itu, mudah-mudahan, proses pembahasan hingga pengesahan APDB nantinya tidak ada kendala yang berarti, ungkap Bupati Bengkalis (Zul)