Musrenbang Kecamatan Bukit Batu, Pengembangan Pertanian Jadi SorotanMusrenbang Kecamatan Bukit Batu, Pengembangan Pertanian Jadi Sorotan

icon   Pada 2 Februari 2023 Bagikan ke :

SUNGAI SELARI - Pemerintah Kecamatan Bukit Batu melakukan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dalam menyusun rencana kerja Pemerintah Daerah di Kecamatan Bukit Batu, Kamis, 2 Februari 2023.

Bupati Bengkalis Kasmarni, diwakili Wakil Bupati H Bagus Santoso membuka secara resmi Musrenbang yang dilangsungkan di aula lantai II kantor Camat Bukit Batu. 

Disamping infrastruktur jalan, pengembangan sektor Pertanian dan Perkebunan juga menjadi sorotan untuk mewujudkan arah kebijakan pembangunan tahunan Kabupaten Bengkalis 2024, dengan tema ‘Mengembangkan Potensi Wilayah Perbatasan dan Lokus Pembangunan’, karena diantara prioritasnya adalah mengembangkan lokus pembangunan kawasan, salah satunya adalah Kecamatan Bukit Batu.

"Maka, kami berharap Kecamatan Bukit Batu sebagai salah satu kluster pembangunan kawasan pertanian dan perkebunan, hendaknya pada pagi ini dapat merumuskan usulan program dan kegiatan yang lebih spesifik pada pembangunan pertanian dan perkebunan termasuk prasarana pendukungnya, sehingga subtansi pembangunan kita kedepan lebih berorientasi kepada prioritas dan benar-benar berangkat dari harapan serta kebutuhan masyarakat desa/kelurahan, demi kemajuan Kecamatan Bukit Batu secara umum," ujar Bagus Santoso.

Sebagai penunjang langkah kedepan yang lebih baik pada APBD tahun 2023, untuk Kecamatan Bukit Batu telah dialokasikan anggaran pada berbagai sektor seperti infrastruktur jalan dan jembatan, perumahan dan pemukiman, pendidikan, kesehatan, pertanian, perhubungan, sosial, kependudukan, dan lainnya. 

"Bahkan pada tahun 2023 ini juga, kami telah menganggarkan beberapa kegiatan strategis di Kecamatan Bukit Batu, antara lain peningkatan jalan Bukit Batu - Pelantar sebesar 2 milyar, rehab gedung serbaguna Kecamatan Bukit Batu sebesar 1 milyar serta, FS jembatan yang menghubungkan Pulau Bengkalis - Pulau Sumatera, dalam upaya mempercepat akses serta pelayanan dari dan ke Pulau Bengkalis dan Daratan Sumatera," jelasnya.

Selain itu, untuk meningkatkan kualitas pelayanan air minum pada tahun 2023 ini, akan disusun juga master Plan Spam Bathin Bukit Batu–Siak Kecil sebesar 425 juta serta kegiatan-kegiatan lainnya.

"Kita juga meminta perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah Kecamatan Bukit Batu, agar sama-sama memberikan kontribusi untuk negeri ini dan mendukung terwujudnya visi Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera," tutup Wabup.

Turut hadir Anggota DPRD Bengkalis Zuhandi dan Febriza Luwu, Camat Bukit Batu Acil Esyno, sejumlah Kepala Perangkat Daerah, Administrator dan Pengawas dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, sejumlah organisasi kepemudaan serta tokoh masyarakat lainnya.