Organisasi Perempuan Harus Bahu Membahu

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :

28-April-2010

Bengkalis – Sebagai wadah berhimpun, seluruh organisasi perempuan di daerah ini harus bahu-membahu untuk mewujudkan perempuan yang memiliki kepribadian yang utuh dan kreatif. Karena, perempuan yang demikian adalah manifestasi dari manusia yang berkualitas tinggi yang sangat dibutuhkan untuk mempercepat keberhasilan dan suksesnya pembangunan.

Demikian dikatakan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Bengkalis Hj Jasmah Riana Sazaly. Jasmah mengemukakan hal itu ketika membuka diskusi panel yang ditaja Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Bengkalis.

Diskusi yang diikuti 16 organisasi perempuan se-Kabupaten Bengkalis dan diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kartini ke-116 itu, dilaksanakan di Gedung Kesenian Cikpuan, Selasa (27/4).

Kata Jasma, sebagai pahlawan perempuan, RA. Kartini memiliki jasa yang sangat besar dalam memperjuangkan hak-hak kaum perempuan di tanah air sehingga bisa bebas dari kebodohan. Karena itu dan sebagai penerus, Kartini-Kartini abad 21 harus dapat meneruskan dan mewujudkan agar perjuang RA Kartini tersebut.

“Melalui peran serta aktif dalam kegiatan organisasi, kaum perempuan saat ini telah menunjukkan keberhasilannya baik dibidang politik, ekonomi dan sosial budaya guna menunjang kesejahteraan keluarga dan masyarakat. Semua itu tentu tidak terlepas dari perjuangan RA Kartini”, jelas Jasmah.

Sementara itu, Ketua GOW Ny Hj Hera Triwahyuni Riza mengatakan, telah banyak keberhasilan yang dicapai oleh organisasi wanita di Kabupaten Bengkalis. Salah satunya adalah Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Bengkalis yang telah memberikan banyak kontribusi bagi pembangunan di daerah ini.

Hal itu dikemukakan Hera untuk menepis anggapan dan tuduhan bahwa bahwa perjalanan kaum perempuan di daerah ini dengan berbagai macam kelompok kegiatan merupakan sebuah perjalanan yang tidak tentu arah,

“Dari kaum perempuanlah manusia ini pertama-tama menerima pendidikan dan dipangkuan perempuanlah seseorang mulai belajar, merasa, berfikir dan berkata-kata. Oleh karena itu tidaklah pantas menyebutkan organisasi wanita hanyalah sebuah organisasi yang tidak memiliki arah dan tujuan yang jelas”, tegas Hera.

Usai rapat panel, GOW memberikan penghargaan kepada 16 Ketua Organisasi Wanita se Kabupaten Bengkalis yang dinilai telah berhasil memimpin organisasi dan melaksanakan program-program kerja yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Tak hanya itu, selaku Ketua IWAPI, Hera juga memberikan penghargaan kepada 15 orang perempuan Bengkalis yang memiliki jiwa dan semangat seperti RA Kartini dalam berbagai bidang untuk memajukan kaum perempuan di daerah ini.

sumber bagian humas