Pembangunan Makam Tua di Pangkalan Batang Selesai, Bupati Kasmarni Sarankan jadi Aset Desa

icon   Pada 17 Oktober 2023 Bagikan ke :

BENGKALIS - Bupati Bengkalis Kasmarni menerima kunjungan dan audiensi Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Buya H Amrizal bersama para tokoh, terkait Pembangunan Makam Habib Abdurrahman Bin Yasin Ba'alawi yang berada di Desa Pangkalan Batang, Kecamatan Bengkalis, di Rumah Dinas Bupati Wisma Sri Mahkota, Senin, 16 Oktober 2023.

Memulai perbincangan, Ketua MUI Bengkalis, Buya H Amrizal mengungkapkan bahwa proses pembangunan makam tua di Pangkalan Batang tersebut sudah selesai dibangun atas dukungan Bupati Bengkalis.

"Dalam kesempatan ini, kami menyampaikan bahwa agar kondisi makam saat ini dapat terawat dan terjaga, kiranya ada solusi dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk memfasilitasi tersebut," ujar H Amrizal, yang kala itu bersama para tokoh seperti Kiyai Suyendri, Abah Guru Ahmad Fadli Inayatullah, Kiyai Hasan dan Kiyai Supeno.

Menanggapi hal tersebut, terlebih dahulu Bupati Bengkalis Kasmarni mengucapkan terima kasih kepada MUI dan para tokoh agama yang mengkoordinir proses pembangunan Makam Ulama yang kabarnya hidup di tahun 1780-an ini.

"Kami Pemerintah Kabupaten Bengkalis Insya Allah akan tetap memberikan dukungan," ujar Bupati Kasmarni.

Agar pemeliharaan dan penjagaan makam ini dapat berjalan dengan baik, jika saat ini makam tersebut merupakan aset Pemerintah Kabupaten Bengkalis, maka Bupati Bengkalis Kasmarni akan melimpahkan ke desa untuk dijadikan salah satu item aset desa yang di kelola melalui dana Bermasa.

"Tujuannya agar pemeliharaan makam tersebut lebih dapat diperhatikan secara fokus. Karena saat ini jika dilimpahkan kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis, kami khawatir tingkat kefokusan dalam penjagaan kurang maksimal, mengingat sangking banyaknya kegiatan yang perlu dilakukan," terang Bu Kasmarni.

Bupati Bengkalis yang kala itu juga turut didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra, Andris Wasono, Kepala Bappeda, Rinto dan Plt Kabag Kesra, meminta agar hal ini segera dilimpahkan ke Desa Pangkalan Batang. Dijadwalkan akan melakukan peninjauan serta berkomunikasi dengan Pj Kepala Desa Pangkalan Batang pada sore Senin, 16 Oktober 2023.

"Kita juga berharap jika nanti dikelola oleh desa setempat, makam ini dapat terjaga dan memberikan dampak positif bagi masyarakat, baik secara ekonomi, spritual dan sosial kebudayaan," pungkas Bupati Bengkalis.

Diakhir pertemuan kala itu, doa pun di haturkan oleh Abah Guru Ahmad Fadhli Inayatullah, agar perjumpaan itu mendatangkan keberkahan serta memohon pertolongan Allah SWT., untuk negeri dan para pemimpin.