Pemkab Bengkalis Dorong Partisipasi Pemilih Pemula

icon   Pada 22 Agustus 2022 Bagikan ke :

BENGKALIS - Bupati Bengkalis melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Andris Wasono buka resmi sosialisasi Pendidikan Politik tentang Pemilihan Umum bagi Pemilih Pemula, Senin (22/8/22) di Aula Wisma Kito Bengkalis.

Kegiatan diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Bengkalis, dalam upaya peningkatan pemahaman pentingnya pemilu bagi kelanjutan negara serta menjadi perpanjangan tangan pemerintah untuk ikut mensosialisasikan tahapan pemilu 2024.

Acara turut dihadiri Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Badan Kesbangpol Provinsi Riau Drs. Rahmat Setiyawan dan Ketua KPU Bengkalis Fadhillah Almausuly selaku narasumber. Kaban Kesbangpol Hermanto Baran dan Korwilcam Bengkalis Alfandi.

Andris Wasono dalam sambutan mengatakan, sebagaimana Permendagri No. 36 tahun 2010 tentang Pedoman Fasilitasi Penyelenggaraan Pendidikan Politik, pendidikan politik berperan penting sebagai media penyampaian konsep politik yang memiliki tujuan akhir untuk membuat pemilih pemula menjadi lebih tertarik pada politik.

"Pemilih pemula yang tertarik politik adalah pemilih pemula yang sadar akan hak dan kewajiban sehingga dapat ikut serta dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam setiap proses pembangunan," jelas Andris.

Beliau menegaskan agar kegiatan ini bisa memberikan pendidikan politik yang baik kepada siswa/siswi SLTA, sehingga mereka tidak mudah terpengaruh oleh isu-isu hoaks dalam menentukan pilihannya. 

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu meminimalisir golput yang banyak berasal dari pemilih pemula sekaligus untuk merubah pola pikir mereka tentang pentingnya memberikan hak suara di pemilihan umum nantinya.

"Para pemilih pemula harus bisa mendapatkan pengetahuan tentang pendidikan politik yang benar, sehingga mereka mendapatkan informasi yang jelas dan benar tentang calon pilihannya baik di Pilkada maupun Pilpres, mengingat untuk bersatu mewujudkan demokrasi yang baik, maka dibutuhkan peran serta partisipasi pemuda," tegas Andris. #PROKOPIM