BANDUNG, HUMAS-Kabupaten Bengkalis kembali berhasil mempertahankan penghargaan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018. Penghargaan Hasil Evaluasi SAKIP ini diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin kepada Bupati Bengkalis yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis H Bustami HY, Senin (28/1) di Trans Convention Center 1, The Trans Luxury Hotel Bandung, Jawa Barat.
Mantapnya lagi, Pemkab Bengkalis di bawah kepemimpinan Amril Mukminin selaku Bupati berhasil meraih predikat B dengan nilai 62,53 dimana penilaian ini lebih baik di bandingkan 2017 lalu, yakni 60,41.
Kenaikan 2,12 poin ini sebagai indikator pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan Pemerintah yang berorientasi pada hasil di Kabupaten Bengkalis sudah berjalan dan menunjukkan hasil yang baik.
Berikut tabel rincian penilaian tahun 2017 dan 2018
No. |
Komponen yang dinilai |
Bobot |
Nilai |
|
2017 |
2018 |
|||
1. |
Perencanaan Kinerja |
30 |
21,40 |
22,02 |
2. |
Pengukuran Kinerja |
25 |
13,54 |
13,69 |
3. |
Pelaporan Kinerja |
15 |
8,29 |
8,68 |
4. |
Evaluasi Internal |
10 |
5,43 |
5,46 |
5. |
Capaian Kinerja |
20 |
11,75 |
12,68 |
|
Nilai Hasil Evaluasi |
100 |
60,41 |
62,53 |
|
Tingkat Akuntabilitas Kinerja |
|
B |
B |
Sekda Bustami mengatakan ini merupakan hasil dari penilaian akuntabilitas kinerja pemerintah kabupaten dan juga hasil dari akuntabilitas kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Bengkalis.
“Tujuan evaluasi ini adalah untuk menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggung jawaban atas hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi kepada hasil (result oriented government) serta memberikan saran perbaikan yang diperlukanâ€, jelas Bustami.
Namun Bustami mengatakan bahwa, walau menerima nilai yang baik, dirinya berharap pelayanan kepada masyarakat pun harus diselaraskan.
"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, kami mengucapkan terima kasih dan tahniah kepada semua OPD yang telah berkerja keras untuk mendapatkan predikat ini, kinerja seperti ini harus selaras dengan apa yang dirasakan masyarakat, secara administrasi kita sudah baik, tetapi pelayanan yang diberikan harus dapat dirasakan oleh masyarakat," pungkasnya.