Pemkab Bengkalis Siapkan 203 Orang Tenaga Pendamping Desa

icon   Pada 29 Desember 2011 Bagikan ke :
BENGKALIS- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis menempatkan sebanyak 203 orang tenaga pendamping desa (PD) yang bertugas di seluruh desa/kelurahan yang ada. Tenaga PD itu terdiri dari 111 orang sebagai PD bidang ekonomi dan 92 tenaga bidang pembangunan.

Seluruh tenaga PD tersebut ditunjuk masing-masing koordinator kabupaten dan koordinator kecamatan, mewakili bidang ekonomi dan pembangunan. Para tenaga PD yang sudah dibekali pelatihan di bidangnya masing-masing. Januari 2012 mendatang secara efektif mulai melaksanakan tugas dan tanggung jawab mengabdi di setiapdesa/kelurahan.

Bupati Bengkalis H. Herliyan Saleh dalam arahannya mengatakan, para tenaga PD diminta untuk komitmen dan konsekuen dalam melaksanakan pengabdiannya di tengah-tengah masyarakat. Seluruh tugas PD ini diatur melalui pedoman umum dan petunjuk teknis.

”Tidak hanya terkait proses administrasi, namun PD juga harus mampu memberikan solusi dan sekaligus masukan terhadap permasalahan desa/kelurahan,” pesannya dalam serangkaian kegiatan penutupan pelatihan tenaga PD di Gedung Cikpuan Bengkalis, Kamis (29/12/11).

Lebih lanjut diingatkan Herliyan, seluruh PD agar berperan aktif membangun desa dan aparatur desa harus proaktif memanfaatkan tenaga PD. Keberadaan PD merupakan lokomatif perubahan dan pembenahan serta motivator bagi masyarakat desa/kelurahan. Sehingga nantinya, program tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan dan pengembangan usaha ekonomi produktif, kewirausahaan serta penguatan kapasitas pemerintahan desa.

“Kepercayaan yang diemban oleh setiap sarjana PD hendaknya merupakan sebuah tantangan untuk menunjukan bahwa saudara adalah orang-orang pilihan yang berkualitas. Jangan kecewakan harapan Pemkab Bengkalis dan masyarakat desa terhadap keberadaan saudara,” ucapnya.

Di akhir acara, Bupati Bengkalis H. Herliyan Saleh, menyerahkan secara simbolis perangkat komputer kepada masing-masing koordinator tenaga PD serta menyerahkan dana Usaha Ekonomi Desa-Simpan Pinjam (UED-SP) ke seluruh desa/kelurahan se-kabupaten Bengkalis senilai Rp 1 miliar dan menyerahkan berangkas kepada seluruh camat se-Kabupaten Bengkalis. ***(dik_RT.C)