Pendaftaran Dua Calon Dirut BUMD Dibuka

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :

25-April-2011

BENGKALIS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis mulai membuka pendaftaran calon Direktur Utama di dua BUMD, PT Bumi Laksamana Jaya dan PDAM Bengkalis. Seleksi administrasi akan dimulai pada 29 April hingga 1 Mei 2011.

'Kita mencari calon Dirut yang sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan. Tidak ada pengkotak-kotakan dalam hal ini atau tidak harus putra daerah. Apa yang penting berkemampuan sebagaimana yang ditetapkan dalam syarat-syarat penerimaan calon dirut,' ujar Kabag Perekonomian Setdakab Bengkalis Indra Gunawan, yang didampingi stafnya, M Ali Ibrahim, Senin (25/4/11).

Indra mengatakan, seleksi penerimaan calon dirut PT BLJ dan PDAM ini dilakukan secara terbuka, melalui seleksi adminstrasi, fit and proper test yang dilakukan oleh tim dari Pemkab dan DPRD Bengkalis diketuai langsung oleh Sekda H Asmaran Hasan. Psikotest akan dilakukan pihak universitas yang ditunjuk.

Untuk calon Dirut ini, ujar Indra, yang akan diterima adalah minimal berpendidikan sarjana. Ada beberapa persyaratan khusus yang ditetapkan untuk dirut PDAM, misalnya lulus pelatihan manajemen air minum di dalam atau di luar negeri yang telah diakreditasi dibuktikan dengan sertifikat atau ijazah untuk calon Dirut PDAM.

Selain persyaratan umum lainnya, kata Indra, calon yang mempunyai hubungan keluarga dengan bupati/wakil bupati atau dengan anggota dewan komisaris sampai derajat ketiga menurut garis lurus atau kesamping termasuk menantu dan ipar, tidak diterima untuk mengikuti test seleksi.

'Ini wujud dari komitmen Pemkab Bengkalis, bahwa yang akan diterima sebagai dirut dua perusahaan daerah itu adalah benar-benar terbuka dan tidak ada kepentingan siapapun di dalamnya. Makanya yang ada hubungan keluarga dengan bupati/wakil bupati, dewan komisaris tidak diperbolehkan untuk ikut seleksi,' ungkap Indra lagi. (Zul)