Pengawasan Proyek Diperketat

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :
13-March-2011

BENGKALIS - Ketua DPRD Bengkalis, Indra Gunawan mengingatkan Pemkab Bengkalis agar memperketat pengawasan proyek tahun 2011. Semua elemen, seperti KPA, PPTK, Konsultan Pengawas dan lainnya harus bersinergi, agar program dan proyek tahun 2011 berjalan sesuai harapan.

"Setiap tahun persoalan proyek tak selesai atau selesai tapi kualitasnya asal-asalan selalu saja ditemukan. Persoalannya selalu terkait lemahnya pengawasan. Untuk itu, kita berharap semua elemen yang terkait harus tegas dan berkomitmen untuk melakukan pengawasan dengan betul,"ujarnya saat ditemui Minggu (13/3).

Ketua DPD II Partai Golkar Bengkalis ini juga mengatakan, Banggar DPRD Bengkalis bersama TAPD telah membahas dan menyusun APBD sesuai dengan usulan masyarakat serta visi misi Kabupaten Bengkalis. Program yang baik tersebut jata Eet, tidak akan berarti banyak, jika realisasi di lapangan tidak sesuai yang direncanakan.

"Pengawasan menjadi modal penting dalam mewujudkan perencanaan yang baik itu. Kalau hanya perencanaan baik, lalu realisasi di lapangan semaunya, maka tidak heran jika kita temukan banyak proyek yang hancur-hancuran. Untuk meminimalisir persoalan itu, maka pengawasan harus diperketat," ujarnya.

Eet mencontohkan seperti pengerjaan jalan Selatbaru oleh PT HK, eleman masyarakat menyampaikan peyimpangan dan sejumlah persoalan yang ditemukan di lapangan, namun pihak-pihak terkait seperti KPA mengatakan proyek tersebut telah sesuai. "Pengawasan yang dilakukan masyarakat tidak pernah ditanggapi, sekarang baru terbukti, sudah ada tersangka yang ditetapkan oleh Kejaksaan Bengkalis," ujarnya.

Banyak pihak yang terlibat dan bertanggungjawab melakukan pengawasan kata Eet, mulai dari KPA, PPTK, Konsultan pengawas serta pemerintah setempat (tempat proyek dikerjakan). Sayangnya, kendati pihak yang bertanggungjawab melakukan pengawasan, masih saja ditemukan proyek tak selsai atau amburadul.

"Sesuai komitmen yang disampaikan pak Bupati Bengkalis sebelum ini, bahwa pemerintah akan mempertegas dan memperketat dalam melakukan pengawasan. Kita dukung langkah tersebut dan berharap apa yang disampaikan itu dipertanggungjawabkan oleh para pembantu Bupati,"kata Eet. (Zul)