Pengurus GPMB Bengkalis Dilantik

icon   Pada 25 September 2011 Bagikan ke :

02-June-2009 

Bengkalis – Sesuai dengan visinya, yaitu terciptanya masyarakat gemar membaca, masyarakat belajar, masyarakat berpengetahuan yang cerdas dan berbudaya, berdaya saing tinggi serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, maka Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) diharapkan dapat membantu pemerintah, dan masyarakat dalam meningkatkan minat baca dan belajar sepanjang hayat.

“Apalagi saat ini kondisi minat baca masyarakat Indonesia, khususnya di Kabupaten Bengkalis belum memenuhi harapan yang diinginkan. Untuk itu GPMB Kabupaten Bengkalis harus benar-benar dapat menjadi motivator dan fasilitator dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat. Khususnya di kalangan pelajar dan generasi muda,” harap Syamsurizal.

Harapan itu disampaikan Syamsurizal pada acara pelantikan PD GPMB Kabupaten Bengkalis di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut, Selasa (2/6) kemarin.

Dikatakan Syamsurizal, membaca merupakan bagian dari kegiatan belajar, dengan membiasakan membaca seseorang akan terus menerus belajar sepanjang hayatnya. Salah satu strategi pemasyarakatan minat baca dapat diupayakan dengan mengajak orangtua untuk menumbuhkan minat baca sejak dini pada anak anak mereka, karena pendidikan yang pertama dan utama ada di lingkungan keluarga.

Lebih jauh Syamsurizal mengatakan bahwa tinggi rendahnya minat baca masyarakat merupakan cermin tinggi rendahnya kualitas sumber daya manusia di suatu daerah dan negara.

“Daerah atau negara yang maju dapat dipastikan minat baca masyarakat tinggi. Karena itu ketua beserta seluruh pengurus GPRM Kabupaten Bengkalis harus benar-benar dapat mewujudkan visi organisasi dengan baik,” harap Syamsurizal.

Adapun pengurus PD GPMB Kabupaten Bengkalis yang dilantik oleh Ketua Umum GPMB Pusat Ny Hj Suprihati itu diantaranya H Sulaiman Zakaria (sebagai Ketua), H Sya’ari (Wakil Ketua I), Ny Hj Fauziah Syamsurizal (Wakil Ketua II), H Arianto (Wakil Ketua III), Erry Ibrahim (Sekretaris) dan Vera Handasty (Bendahara).

Sebelum itu, harapan senada juga disampaikan Suprihati dan Ketua Pembina Pusat GPMD yang juga Kepala Perpustakaan Nasional Dady P Rahmanata.

“Kita harus terus menerus dan tidak boleh bosan membina dan mengembangkan kebiasan membaca baik di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. GPMB harus dapat memanfaatkan potensi masyarakat khususnya figur publik agar bersama-sama berpartisipasi dalam meningkatkan minat baca masyarakat,” katanya.

Sementara itu Sulaiman mengatakan seluruh pengurus organisasi yang dipimpinnya akan berupaya secara maksimal dalam membantu pemerintah daerah dalam memasyarakatkan minat baca serta pengembangan perpustakaan dan taman bacaan di di daerah ini.

“Insya Allah, seluruh pengurus sudah berkomitmen untuk itu. Semaksimal mungkin kepercayaan yang diamanahkan ini akan kami laksanakan dengan baik-baiknya”, janji Sekretaris Daerah Bengkalis ini. (Sumber : jhn/Humas Kab.Bengkalis)