Penyampaian LKPJ Tahun Anggaran 2009

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :
27-April-2010

Bengkalis – Bupati Bengkalis H Syamsurizal , Senin malam (26/4) lalu menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2009 kepada DPRD Bengkalis. Kewajiban itu disampaikan bupati dalam rapat paripurna yang dihadiri 20 orang anggota dewan.

Dalam sidang yang langsung dipimpin Ketua DPRD Indra Gunawan tersebut, Syamsurizal mengatakan, LKPJ yang disampaikan itu mencakup penyelenggaraan tugas-tugas urusan desentralisasi, tugas umum pemerintah dan tugas pembantuan pada tahun anggaran 2009. Laporan tersebut juga merupakan progress report tahun keempat dari pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya, selaku Bupati Bengkalis masa bakti 2005-2010.

Kepada para wakil rakyat, Syamsurizal menjelaskan, strategi kebijakan pembangunan kabupaten Bengkalis pada tahun 2009, disusun berdasarkan skala prioritas yang pelaksanaannya mengacu kepada empat komponen utama. Yaitu, membangun, meningkatkan dan mengembangkan infrastruktur.

”Hal ini dilaksanakan dalam rangka mendukung percepatan peningkatan kesejahteraan dan kebutuhan dasar untuk masyarakat dengan menyediakan fasilitas fisik untuk atau dapat dinikmati secara langsung”, tegasnya.

Kemudian, membangun sumber daya manusia (SDM) yang cerdas dan berkualitas. Tujuannya, agar masyarakat menjadi cerdas dan bekualitas, sehingga mampu merebut peluang dan mengatasi berbagai tantangan dalam era globalisasi yang semakin kompetitif di masa mendatang.

Selanjutnya, membangun ekonomi yang tanggunh berbasis ekonomi kerakyatan sebagai upaya untuk mendorong percepatan perubahan struktur ekonomi rakyat, sehingga memperkuat kedudukan dan peran ekonomi rakyat.

Sedangkan yang keempat, pembangunan penunjang lainnya. ”Pembangunan penunjang tersebut merupakan optimalisasi pembangunan Kabupaten Bengkalis ke depan yang diarahkan pada pembangunan sektor pertanian, industri, perdagangan dan jasa, serta periwisata, dengan mendukung infrastruktur, sumber daya manusia, dan telekomunikasi”, jelas Syamsurizal.

Pada kesempatan itu, bupati memang hanya menyampaikan garis besar kebijakan pembangunan yang dilaksanakan sepanjang tahun 2009. Sedangkan secara terperinci, LKPJ yang disampaikan termuat secara khusus dalam buku laporan itu LKPJ Bupati Bengkalis tahun anggaran 2009.

Buku tersebut, di akhir rapat paripurna disampaikan bupati dan langsung diterima secara bersamaan oleh Ketua DPRD dan Wakil Ketua DPRD Hidayat Tagor Nasution. Penyampaian bukut tersebut bertujuan agar DPRD Bengkalis dapat memperoleh pemahaman yang lebih jelas dan mendalam tentang pelaksanaan berbagai program dan kegiatan yang telah dilaksanakan sepanjang Tahun Anggaran 2009 lalu.

“Sumbang saran dan masukkan yang konstruktif dari DPRD Bengkalis atas penyelenggaraan pembangunan tahun 2009 untuk perbaikan penyelenggaraan pemerintahan daerah ke depan, sangat diperlukan dan diharapkan”, ujar bupati di akhir pengantar laporannya.

sumber bagian humas