Peran Aparat Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas)

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :

26-April-2010

Bengkalis - Plt. Sekretaris Daerah H Muskhlis mengatakan, peran aparat Satuan perlindungan Masyarakat (Satlinmas) sangat penting penting dan strategis. Terutama dalam menjaga ketertiban dan kemanan masyarakat.

Oleh karena itu, kata mantan Asisten Perekonomian dan Pembangunan ini, Pemkab Bengkalis tetap memiliki komitmen yang tinggi terhadap potensi Satlinmas agar dapat terus berdayaguna dan berhasil guna bagi masyarakat banyak dalam menunjang program pemerintah daerah.

Hal itu dikatakan Staf Ahli Bupati Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan ini ketika ditemui usai mengikuti gerak jalan santai dalam rangka memperingat Ulang Tahun ke-48 Satlinmas tingkat Kabupaten Bengkalis di lapangan Tugu, Minggu (25/4) kemarin. Gerak jalan dengan jarak tempuh sekitar 5 Km itu, diikuti sekitar seribu anggota Satlinmas dan masyarakat.

Pada bagian lain, terutama dalam rangka menghadapi Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pemilu Kada) Bengkalis 2010-2015 yang akan dilaksanakan 3 Juni mendatang, kata Mukhlis, seluruh anggota Satlinmas di daerah ini harus mampu menciptakan dan menjaga agar situasi tetap kondusif serta dapat mewujudkan rasa aman dan tenteram di masyarakat.

“Seluruh anggota Satlinmas di daerah harus berpartisipasi aktif dan meningkatkan kesiapsiagaan sehingga pelaksanaan Pemilihan Pemilu Kada Bengkalis 2010-2015 terlaksana dengan tertib dan aman”, harapnya.

Hal itu dikatakan Mukhlis, karena dalam Pemilu Kada tersebut, Satlinmas akan terlibat langsung. Terutama sebagai petugas pengamanan langsung yang merupakan bagian dari Kelompok Penyelengaraan Pemungutan Suara (KPPS).

Selanjutnya, imbuh Mukhlis, seluruh anggota Satlinmas di daerah ini juga harus dan terus meningkatkan dispilin dan profesionalisme dalam menjalankan tugas yang diamanahkan. “Pasalnya, keberadaan Satlinmas merupakan ujung tombak pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat”, tegasnya.

Masih kata Mukhlis, anggota Satlinmas yang displin dan profesional adalah mereka yang mengerti akan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) dan mampu bekerjasama dengan orang lain dalam melakukan tupoksi tersebut. Karena itu pula, sambungnta, pemerintahan yang bersih dapat tergambarkan melalui prilaku kerja dari Satlinmas.

Mukhlis juga mengharapkan, seluruh anggota Satlinmas di daerah ini dalam melaksanakan tupoksinya untuk senantiasa meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan instansi terkait serta lembaga kemasyarakat lainnya. “Karena tugas Satlinmas kian hari semakin kompleks”, pesannya seraya mengatakan agar seluruh anggota Satlnmas terus dan dapat menjaga citra yang baik di tengah masyarakat.

Selain Asisten Administrasi HT Zainuddin, turut bersama Plt Sekretaris Daerah mengikuti gerak jalan santai yang memperebutkan berbagai hadiah hiburan yang menarik tersebut, diantaranya Kepala Inspektorat H Burhanuddin serta Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi H Huzaini.