Peringatan Hari Otda ke XXVI, Bupati Bengkalis Dorong ASN Proaktif Lahirkan Inovasi untuk Wujudkan Indonesia Emas 2045

icon   Pada 26 April 2022 Bagikan ke :

BENGKALIS - Bupati Bengkalis Kasmarni yang diwakili Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso menghadiri acara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVI tahun 2022 melalui video Conference bertempat di Ruang Rapat Hang Jebat Kantor Bupati Bengkalis, Senin (25/4/2022), 

Acara tersebut dibuka oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam hal ini diwakili Sekretaris Menteri Dalam Negeri Suhajar Diantoro. 

Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVI tahun ini mengusung tema “Dengan Semangat Otonomi Daerah Kita Wujudkan ASN yang Proaktif Dan Berakhlak Dengan Membangun Sinergi Pusat Dan Daerah Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia emas 2045".

"Secara filosofis tujuan dilaksanakannya otonomi daerah dengan mendelegasikan sebagian kewenangan sebagian urusan pemerintahan yang sejatinya untuk menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang dapat meningkatkan pendapatan asli daerah serta mengacu memacu terjadinya percepatan dan pemerataan pembangunan pertanian", ujar Suharjo.

Kemudian Suhajaro menilai peringatan Hari Otonomi Daerah saat ini merupakan momentum yang tepat bagi kita untuk melihat kembali dinamika dan tantangan yang dihadapi Pemerintah Daerah dimasa yang akan datang. 

Penyelenggaran otonomi daerah merupakan bentuk pengakuan Pemerintah Pusat terhadap Pemerintah Daerah untuk kemandirian dan mendekatkan pelayanan terhadap masyarakat, meningkatkan daya saing daerah, melalui pemberdayaan masyarakat dan Pemerintah Daerah dalam rangka mencapai tujuan peningkatan kesejahteraan masyakat, ungkapnya.

Sementara itu Wakil Bupati H Bagus Santoso mengatakan melalui kebijakan Otonomi Daerah Pemerintah Daerah memiliki keleluasaan menyelenggarakan pemerintahan sendiri atas dasar kreativitas dan peran masyarakat Kabupaten Bengkalis dalam mengembangkan dan memajukan daerah.

"Otonomi Daerah yang berkualitas membutukan pemimpin yang mampu menghadapi berbagai situasi, cepat dan tepat dalam bertindak yang berorientasi pada pemecahan masalah dan selalu menyesuaikan dirinya dengan perubahan dan keadaan tentunya itu semua butuh kerja sama kita semua”, ujar bagus.

Tampak hadir pada acara tersebut Sekretaris Daerah H. Bustami HY, Kapolres Bengkalis AKBP Indra Wijatmoko, Dandim 0303 Bengkalis Mayor Ash Sudiyono, Ketua Pengadilan Agama Bengkalis Hasan Nul Hakim, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Hendri Dwi Yatmoko, dan undangan lainnya. #PROKOPIM