Peringati HON, Perwatusi Gelar Senam Sehat Bersama

icon   Pada 30 Oktober 2023 Bagikan ke :

BENGKALIS - Dalam rangka memperingati Hari Osteoporosis Nasional (HON), Persatuan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) Kabupaten Bengkalis, melakukan Senam Sehat Bersama, di Lapangan Tugu, Minggu 29 Oktober 2023.

Bupati Bengkalis, Kasmarni diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, H Bustami HY, turut mengikuti Senam Sehat Bersama tersebut.

"Apresiasi kami berikan kepada pengurus Perwatusi Kabupaten Bengkalis, yang telah menyelenggarakan kegiatan Senam Serentak Sempena Hari Osteoporosis Nasional tahun 2023. Kami tentunya menyambut baik dan mendukung sepenuhnya kegiatan positif ini," ujar Bustami, ketika membacakan pidato tertulis Bupati Bengkalis.

Kegiatan yang mengangkat tema 'Kolaborasi Sehatkan Tulang Indonesia' ini merupakan bagian untuk mengkampanyekan gerakan hidup sehat, terutama dalam menggaungkan gerakan pencegahan osteoporosis bagi masyarakat Kabupaten Bengkalis yang kemudian diharapkan dapat merangsang motivasi untuk mencegah osteoporosis.

"Semoga melalui kegiatan ini, tingkat kesadaran kita untuk menjaga tulang agar tetap kuat semakin tinggi. Tentunya melalui ikhtiar ini diharapkan kita semua senantiasa bugar hingga akhir hayat," ucapnya.

Sementara itu Ketua Perwatusi Bengkalis, Hj Akna Juwita, mengungkapkan bahwa senam osteoporosis adalah bagian dari pendekatan pencegahan, dengan senam yang tepat, sehingga dapat meningkatkan kepadatan tulang dan kekuatan otot yang membantu menjaga tulang tetap sehat. 

"Latar belakang ini mengilustrasikan pentingnya senam osteoporosis dalam menjaga kesehatan tulang dan mengurangi resiko osteoporosis terutama dikalangan populasi yang lebih tua, senam ini dapat menjadi salah satu langkah proaktif untuk menjaga tubuh kuat dan sehat sepanjang usia.

Selain melakukan olahraga, asupan makanan seimbang yang kaya akan nutrisi, terutama kalsium dan vitamin D membantu menjaga kesehatan tulang, juga tentunya dengan menerapkan pola gaya hidup sehat," jelasnya.

Selain senam, beliau juga mengungkapkan bahwa peringatan HON tahun ini juga diisi dengan penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan secara gratis dan berbagai hadiah menarik untuk para peserta.