Hadiri Musrenbang Kecamatan Mandau 2019: Plt Kepala Bappeda: Musrenbang Untuk Cemerlangkan Masa Depan Kabupaten Bengkalis

icon   Pada 13 Februari 2019 Bagikan ke :

MANDAU, HUMAS - Sebanyak 371,81 miliar telah dialokasikan untuk Kecamatan Mandau pada APBD 2019, dimana dari total anggaran tersebut akan diperuntukkan untuk pembangunan infrastruktur sebesar 307,92 miliar, sektor pendidikan sebesar 17,89 miliar, sektor kesehatan sebesar 23,41 miliar dan transfer dana desa sebesar 6,6 miliar.
Demikian disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bengkalis Yuhelmi saat memberikan paparan pada kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2019 di aula Kantor Camat Mandau, Rabu (13/2/2019).
Kegiatan Musrenbang tersebut dibuka secara resmi oleh Camat Mandau Riki Rihardi.


Selain merincikan alokasi APBD Kabupaten Bengkalis di Kecamatan Mandau tahun 2019, pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penyampaian program kegiatan prioritas Desa dan Kelurahan dalam wilayah Kecamatan Mandau untuk diakumulasikan dalam musrenbang Kabupaten Bengkalis untuk menjadi Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020.
Plt Kepala Bappeda berharap dengan dilangsungkannya kegiatan ini mampu meningkatkan pola pikir tiap pemangku kepentingan di desa dan kecamatan demi mewujudkan Kabupaten Bengkalis yang lebih baik supaya bisa memiliki masa depan yang lebih cemerlang.
"Dengan dilangsungkannya Musrenbang ini diharapkan juga mampu meningkatkan silaturahmi dan kerjasama yang baik, serta terjalinnya sinergitas program kegiatan prioritas antara Pemerintah Kecamatan dengan Pemerintah Daerah," ungkapnya.
Selanjutnya, Yuhelmi yang juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bengkalis tersebut berharap agar pihak Kecamatan sesegera mungkin melaksanakan program kegiatan yang telah tercantum pada APBD 2019 ini.


"Sesuai arahan dari Bupati Bengkalis, jika ada proses kegiatan yang akan dilelang agar segera mungkin untuk dilaksanakan, kalau bisa bulan Maret ini, proses pelelangan tersebut sudah selesai," ujarnya.
Sementara itu, Anggota DPRD Bengkalis melalui Abi Bahrum berharap, kegiatan yang belum terlaksana pada tahun 2018 lalu, diharapkan dapat dilaksanakan pada tahun 2019 ini. Karena menurutnya, bagaimana kegiatan yang baru bisa dilaksanakan sementara kegiatan yang dahulu saja belum bisa dilaksanakan.
"Kami juga berharap kepada Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis agar kiranya dapat lebih memperhatikan aspirasi masyarakat, karena masyarakat sangat membutuhkan sentuhan dan bantuan dari pihak pemerintah," tuturnya.
Hal senada juga diungkapkan oleh Camat Mandau Riki Rihardi, menurutnya Pemerintah Daerah harus memberikan perhatian lebih kepada Kecamatan Mandau, mengingat masih ada beberapa infrastruktur jalan yang ketika hujan selalu saja digenangi oleh air.


"Selain itu, kami juga ingin Pemerintah Daerah melalui OPD tekhnis untuk segera dapat menindakanjuti rumah ternak yang dianggap sangat meresahkan masyarakat, karena tidak menjaga kebersihan ternak dan lingkungannya," ungkap mantan Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Bengkalis itu.
Dijelaskan Riki Rihardi, Kecamatan Mandau juga telah memiliki satuan gagasan kebersihan, akan tetapi tempat pembuangan sampahnya masih kurang.
"Jika sampah sampah yang ada di Kwcamatan Mandau ingin dibersihkan tetapi tidak ada tempat untuk menampung sampahnya bagaimana caranya Kecamatan Mandau ini bisa bersih. Oleh karena itu, kami berharap upaya Pemerintah Daerah untuk lebih melihat kondisi tiap kecamatan khsususnya Kecamatan Mandau ini,"  katanya.
Hadir pada Musrenbang tersebut Anggota DPRD Bengkalis Ibra Teguh dan Abi Bahrum, sejumlah Kepala OPD, sejumlah Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Lurah dan Kepala Desa se-Kecamatan Mandau, serta tokoh masyarakat di Kecamatan Mandau.