Program LTSHE Dapat Mendukung Kemajuan Perekonomian di Kabupaten Bengkalis

icon   Pada 6 Februari 2019 Bagikan ke :

TALANG MUANDAU, HUMAS - Pada tahun 2018, program LAMPU TENAGA SURYA HEMAT ENERGI (LTSHE) yang merupakan perwujudan dari Program Nawacita Pemerintahan Jokowi-JK yang dilaksanakan di 16 Provinsi, dengan jumlah unit LTSHE sebanyak 172.996 unit, dan menerangi 1610 Desa.  Provinsi Riau merupakan salah satu wilayah yang mendapat alokasi pemasangan LTSHE sebanyak 457 unit, yang tersebar di 2 Kabupaten yaitu Kabupaten Bengkalis sebanyak 246 unit dan Kepulauan Meranti sebanyak 457 Unit.

Demikian yang disampaikan Abadi Poernomo Anggota Dewan Energi Nasional dalam sambutanya pada acara peresmian pemasangan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE), bertempat di Desa Tasik Serai Wangi Kecamatan Talang Muandau, Rabu (5/2) siang.

Sebagaima amanat dari Perpres No 47 Thn 2017 tentang penyediaan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi bagi masyarakat yang belum mendapatkan akses listrik, program penyediaan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) merupakan bentuk komitmen Kementerian ESDM dan Pemerintah Daerah untuk menjalankan berbagai program kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

"LTSHE merupakan program terobosan untuk menerangi masyarakat yang belum mendapatkan akses listrik khususnya pada desa-desa yang masih gelap gulita, yang jumlahnya mencapai lebih dari 2.500 desa di seluruh Indonesia. Paket LTSHE akan dibagikan kepada penerima manfaat yang berada di kawasan perbatasan, daerah tertinggal, daerah terisolir dan pulau terdepan atau jauh dari jangkauan PLN" jelas Abadi Poernomo.

Menanggapi hal tersebut Bupati Bengkalis yang diwakili Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda Bengkalis Aulia Army Effendy mengatakan LTSHE ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dalam jangka waktu yang lama dengan tujuan akhir yaitu mampu mengembangkan perekonomian di Kabupaten Bengkalis.

“Sejalan dengan program nawacita tersebut, Kabupaten Bengkalis memiliki fokus kegiatan pembangunan "Gerbang Permata" yaitu menjadikan Kecamatan Bathin Solapan, Mandau, Pinggir, dan Kecamatan Talang Muandau sebagai pusat pengembangan industri, pertambangan, perdagangan, ketenagakerjaan, peternakan, pertanian dan perkebunan. Oleh karenanya, program LTSHE menjadi jalan bagi kita semua untuk bersama mewujudkan visi dan misi Kabupaten Bengkalis 2016-2021”, kata Aulia.