Puluhan Anjing Liar Dieliminasi

icon   Pada 30 September 2011 Bagikan ke :

01-June-2011

TAHUN 2011 ini, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Bengkalis, kembali melakukan eleminasi terhadap anjing liar. Operasi yang dilakukan di Kecamatan Bengkalis,tanggal 24-25 Melalu, petugas berhasil mengeleminasi 26 anjing liar.

Kadistanak melalui Kabid keswan, drh Muhammad didampingi Kasi Pencegahan Penyakit, Mohammad Bero, selasa(31/5/11) mengatakan,kegiatan eleminasi anjing liar tersebut merupakan program lanjutan tahun-tahun sebelumnya. Hal itu dilakukan,guna menghindari jangkitan rabies terhadap manusia akibat gigitan anjing liar.

“ tercatat ada tiga warga Bengkalis dinyatakan positif terinveksi firus rabies akibat gigitan anjing liar. Untuk itu, distanak akan terus melakukan upaya pemberantasan penularan rabies ini,yakni dengan melakukan eleminasi anjing-anjing liar yang berkeliaran,” ujar Muhammad.

Dikatakan, belum lama ini salah seorang warga yang digigit anjing di Pelabuhan Roro Bengkalis. Belumbisa dipastikan apakah anjing tersebut terkena rabies,” untuk memaastikan apakah anjing yang menggigit warga positif rabies, maka sample(kepala anjing), kita kirimkan ke pecan baru untuk didiognosa,”ujar Muhammad lagi.

Dikatakan Muhammad Beropula,eleminasi tidak hanya dilakukan kandi Kecamatan Bengkalis, tapi juga akan dilakukan diseluruh Kecamatan se Kabupaten Bengkalis.(Gen_DP)