Rapat Perencanaan Pembangunan Pelabuhan

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :
BENGKALIS - Menanggapi masukan dua anggota DPRD Bengkalis, H Heru Wahyudi dan Misran dalam pertemuan anggota DPRD dengan kadis Perhubungan Komunikasi dan Informatika Bengkalis, H Elfian Ramli, Kabid Perhubungan Darat, Jaafar Arief serta kepala UPTD dinas Pehubungan Bengkalis, Rabu (16/2) lalu.

Kadis Perhubungan Informasi dan Telekomunkasi, H Elfian Ramli menyambut baik. Bahkan kata Elfian, pada hari raya Imlek lalu, dirinya sengaja mengundang Kepala Bappeda, untuk membicarakan tentang rencana pembangunan dermaga roro yang lebih bagus dan representatif.

'Pada tahun ini memang ada usulan pembangunan pelabuhan ini pak. Tapi setelah saya pelajari, alangkah lebih baik kita bagun yang lebih bagus lagi. Memang biaya yang dibutuhkan besar, sebagai pintu masuk atau pintu gerbangnya Bengkalis, saya pikir hal itu harus menjadi perhatian kita bersama,' ujar Elfian.

Karena anggarannya yang besar dan perlu pengkajian lebih matang, maka kata Elfian untuk tahun anggaran 2011 ini pihaknya hanya mengusulkan perencanaan. Jika perencanaan disetujui, maka pembangunan fisik baru akan dimulai tahun 2011. 'Kita juga prihatin kalau melihat pelabuhan roro yang di Pakning itu Pak. Tiang penyangganya terlihat tidak sebanding dengan bobot di bagian atas,' jelasnya.

Tidak hanya membangun dermaga, pihaknya juga akan membangun bagian daratnya. Seperti jalan menuju roro, terminal dan sarana pendukung lainnya. 'Makanya kemarin pak, kami koordinasi dengan Bappeda dan Binamarga,' terang Elfian seraya berujar akan mengusahakan sharing budget dengan APBD Provinsi.

Ditambahkan, seperti disampaikan Bupati Bengkalis sebelum ini, bahwa pihaknya tidak ingin Bengkalis hanya sebagai kota tujuan, tapi juga harus menjadi kota lintasan. Daerah yang nenjadi kota lintasan kata Elfian, perkembangannya akan begitu cepat.

'Sejalan dengan keinginan pemerintah ingin menjadikan Bengkalis sebagai kota pendidikan, merubah wajah dan menyiapkan infrastruktur dasar seperti pelabuhan harus menjadi prioritas. Apalagi pelabuhan yang ada saat ini terbilang kecil pak, hanya sekitar 5 meter, rencananya kita akan bangun dengan ukuran 7 meter,' ujarnya.(Zul)