Rujukan Jamkesmas, Pemkab Meranti Teken MoU dengan RSUD Bengkalis

icon   Pada 27 September 2011 Bagikan ke :

05-May-2011

BENGKALIS - Mempermudah layanan kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten Kepulauan Meranti, khususnya yang berada di sekitar Kecamatan Merbau (Pulau Padang sekitarnya), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat kerjasama dengan pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bengkalis.

Kerjasama itu termasuk bagi pasien rujukan yang menggunakan layanan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas).

Bentuk kerjasama rujukan pasien Jamkesmas ini ditungkan dalam sebuah nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara Pemkab Kepulauan Meranti melalui Dinas Kesehatan dan RSUD Bengkalis.

MoU ini ditandatangani Kepala Dinas Kesehatan Meranti, dr Irwan dengan Direktur RSUD Bengkalis Said Amir. Kemudian Bupati Meranti Irwan Nasir dengan Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh.

Penandatanganan tersebut dilakukan di halaman RSUD Bengkalis juga dihadiri sejumlah pejabat teras dilingkungan masing-masing Pemkab, Kamis (5/5/11).

Di kesempatan itu, Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir mengatakan, kerjasama ini dilakukan dalam upaya membantu pelayanan kesehatan masyarakat Meranti yang berdekatan dengan Pulau Bengkalis. Seperti warga Pulau Padang dan Merbau tidak perlu lagi berobat ke RSUD Selatpanjang dengan jarak tempuh cukup jauh.

Selama ini, kata Irwan, masyarakat cukup terbebani dengan tingginya biaya yang harus dikeluarkan untuk berobat sebelum ada Jamkesmas. "Mengingat kondisi geografis Meranti yang terdiri pulau-pulau, Pemkab Meranti melakukan kerja sama dengan RSUD untuk pelayanan rujukan Jamkesmas untuk masyarakat," terangnya.

Apalagi, imbuh Irwan, bagi warga yang tinggal lebih dekat ke RSUD Bengkalis dari pada harus ke Selatpanjang. "Rujukan itu juga untuk pasien penyakit yang tidak bisa ditangani RSUD Selatpanjang,” katanya lagi.

Selain dengan RSUD Bengkalis, Pemkab Kepulauan Meranti juga akan melakukan kerjasama dengan RSUD Tanjung Balai Karimun.

Irwan berharap kerja sama ini tidak hanya setakad di bidang kesehatan, tapi ke depan kerja sama di bidang lainnya. Sebagai keluarga besar jangan sampai hubungan silaturrahim terputus hanya karena sekarang tidak satu kabupaten lagi.

Sementara itu, Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh dalam kesempatan ini mengatakan pihaknya juga melakukan kerja sama dengan RSUD Siak, Dumai dan Arifin Achmad Pekanbaru.

Ke depan juga akan dijajaki kerja sama dengan rumah sakit di Jakarta sehingga masyarakat yang dirujuk benar-benar dilayani secara gratis. Kerjasama di bidang kesehatan ini juga hendaknya menjadi contoh bagi daerah lain dan bersinergi dengan bidang-bidang lainnya.

Usai penandatangan MoU dilanjutkan dengan peninjauan sejumlah fasilitas RSUD Bengkalis oleh Bupati Meranti didampingi Bupati Bengkalis bersama sejumlah kepala dinas dan badan. ***(dik)