Rupat Dijadikan Industri Pariwisata Nasional, Pesta Pantai Mandi Syafar Ditutup

icon   Pada 24 Januari 2012 Bagikan ke :
Rupat Utara - Bupati Bengkalis, H. Herliyan Saleh, Sabtu (21/1/12) resmi menutup pesta pantai dan kegitan mandi Shafar yang dilaksanakan di Pantai Tanjung Lampin, Desa Tanjung Punak Kecamatan Rupat Utara.Kegitaan tersebut sebelumnya dibuka oleh Wakil Bupati Bengkalis H. Suyatno pada Rabu (18/1/12)

Penutupan pesta rakyat tahun ini bertajuk 1001 malam di pulau rupat itu awalnya berlansung meriah, dimana sebelum ditutup Bupati H. Herliyan Saleh ditampilkan pegelaran kesenian tradisional dari pelajar dan masyarakat di kecamatan Rupat Utara. Pesta pantai tersebut juga disemarakkan dengan dengan lomba memancing berhadiah 3 buah sepeda motor serat ratusa door prize.

Namun diakhir kegiatan mandi Syafar, rombongan Bupati beserta istri serta puluhan pejabat eselon II dan III Pemkab Bengkalis harus rela mandi hujan lebat, sehingga rombongan Bupati yang menginap di Tanjung Medang, sekitar 10 KM dari lokasi acara.

Sebelumnya H. Herliyan Saleh dalam Sambutanya mengatakan, pada tahun 2014, keterisolasian pulau rupat akan berakhir dengan terbukannya jalan poros dari dari batu panjang, Rupat (selatan) menuju rupat utara. Bupati juga berpesan, keindahan pantai rupat yang dialami harus terus menuerus di jaga dan dilestarikan.

“Tarket kita pulau rupat akan dijadikan kawasan industry pariwisata bersekala Nasional bahkan Internasional. Sebelum hal itu terwujud, tentunya sector infrastruktur harus dibenahi semaksimal mungkin, agar investasi di bidang pariwisata dapat tumbuh dan berkembang di pulau harapan ini” papar Heliyan.

Pada kesempatan itu Bupati juga mengingatkan kepada masyarakat Rupat untuk sentiasa melestarikan budaya yang ada, sebagai penunjang dunia pariwisata. Kemudian Bupati meminta Dinas Budaya, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (DIsbudparpora) agar kedepan menyiapkan event – event wisata berskala Nasional, tidak hanya ritual mandi Syafar semata.

Pada malam penutupan pesta rakyat 1001 malam dan mandi Syafar tersebut Bupati berkesempatan menyerahkan 3 unit sepeda motor kepada tiga orang pemenang lomba mamancing. Masyarakat Rupat Utara melalui Camat, Agus Sofyan juga menyerahkan Cenderamata kepada Bupati. Hadir pada acara tersebut Asisten I Setdakab, kepala SKPD serta Kepala Bagian dan Sekretaris dinas di Pemkab Bengkalis.(gen_DP)