Sekda Ikuti Diskusi Lanjutan 2nd Northern Sumatra Forum SKK Migas

icon   Pada 28 Oktober 2022 Bagikan ke :

MEDAN - Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Sekretaris Daerah Bustami Hy mengikuti diskusi lanjutan pada acara 2nd Northern Sumatra Forum SKK Migas - KKKS hari kedua, bertempat di Hotel Adimulia Medan, Jumat (28/10/2022).

Turut hadir sebagai Narasumber Kadis ESDM Provinsi Riau Evarefita, Ketua Panitia NSF II dan selaku VP Corporate Affairs PT. Pertamina Hulu Rokan (PHR) WK Rokan Sukamto Thamrin, Kepala SKK Migas Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus.

Ada beberapa pembahasan dalam diskusi yang di paparkan oleh para Narasumber SKK Migas tersebut termasuk dukungan terhadap massive pengeboran tahun 2022, perlunya Dukungan Perwakilan Sumbagut di antaranya menyelesaikan perizinan dan pertanahan di daerah, membantu terselesaikan kendala pengeboran di daerah dan memfasilitasi komunikasi dan koordinasi dengan stakeholder daerah guna kelancaran operasi di lapangan.

Selanjutnya strategi dan upaya optimal terhadap kendala penyiapan lokasi di HGU perlunya fasilitasi penyelesaian Kanwil BPN Riau dengan melibatkan Dinas ESDM, Kantor Pertanahan (Kantah) BPN dan Pemerintah Kabupaten.

Perlu juga kami sampaikan pencapaian rekomendasi Gubernur untuk pengguna kawasan hutan 100%, proses percepatan perizinan akan memudahkan dalam tahapan berikutnya dan perwakilan SKK Migas siap pro aktif dalam memberikan dukungan dan bantuan terhadap permasalahan ready for drilling.

PT. PHR berkomitmen melaksanakan mandat pemerintah untuk mendukung target produksi minyak 1 juta barel perhari (BHP) pada tahun 2030, Rencana pengembangan operasi PHR WK Rokan berpotensi tumpang tindih dengan perusahaan pemegang Hak Milik Usaha (HGU) dan perusahaan tanaman industri (HTI).

Serta PHR mendapatkan dukungan baik dari dinas ESDM, ATR/BPN, BPKH XIX Riau, SKK migas maupun perusahaan HGU dan HTI yang melakukan kegiatannya berdampingan dengan PHR.

Sekretaris Daerah kala itu mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Bengkalis pada prinsipnya siap mendukung kegiatan dimaksud dan siap memfasilitasi dalam perizinan dan yang lainnya untuk memperlancar proses pengeboran PHR, mari kita bersama sama saling berkolaborasi dan bersinergi guna bisa menghasilkan keuntungan bagi masyarakat Kabupaten Bengkalis dan juga bisa menambah peningkatan PAD Kabupaten Bengkalis serta kami sangat mendukung target produksi 1 juta barel minyak per hari dan 12 Miliar standar kaki kubik gas per hari pada 2030 nantinya. #PROKOPIM