Sekda Pimpin Rapat Persiapan Pemulangan Jamaah Haji Kabupaten Bengkalis

icon   Pada 1 Agustus 2022 Bagikan ke :

BENGKALIS - Bupati Bengkalis melalui Sekretaris Daerah Bengkalis H Bustami HY pimpin rapat persiapan penjemputan kepulangan jemaah haji Kabupaten Bengkalis tahun 1443 H/ 2022 M, Senin (1/8/22) di Ruang Rapat Hang Tuah Lantai II Kantor Bupati Bengkalis.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Bengkalis H Mulyadi dalam laporannya mengatakan bahwa jemaah haji Kabupaten Bengkalis kloter 8 terdiri dari Kecamatan Bengkalis, Bantan, Bukit Batu, Siak Kecil, Rupat, Rupat Utara, Mandau dan Pinggir akan tiba ke tanah air Negeri Junjungan pada tanggal 5 Agustus tahun 2022.

"Jemaah haji diperkirakan akan tiba di Embarkasi Haji Antara (EHA) Pekanbaru pada pukul 04.30 Wib, kemudian langsung pemeriksaan Anti Gen setelah itu baru diadakan saremonial penyerahan jemaah haji dari PPIH Debarkasi ke PPIH daerah untuk dipulangkan menuju daerah asal masing-masing menggunakan bus yang telah disiapkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis,"Jelas Mulyadi.

Kemudian tambah Mulyadi untuk jemaah haji yang berdomisili di Kecamatan Mandau dan Piggir nantinya akan diturunkan di masjid raya Arrafah Duri, sedangkan untuk jemaah haji Kecamatan Bukit Batu, Siak Kecil, Rupat dan Rupat Utara, akan diturunkan di mesjid Al-Amin Sungai Pakning, dan bagi jemaah haji Kecamatan Bengkalis dan Bantan akan diturunkan di Masjid Agung Istiqomah Bengkalis.

tidak hanya itu, Mulyadi juga menyampaikan jemaah haji yang hasil antigennya reaktif, maka akan diisolasi terlebih dahulu dan dipisahkan dengan jemaah haji lain, dan akan kembali dipulangkan menggunakan kendaraan tersendiri.

Menanggapi apa yang disampaikan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H Bustami HY dalam arahan mengatakan bahwa roundown yang disampaikan Bagian Kesra telah tersusun dengan baik, tinggal kita melaksanakannya sehingga jemaah haji Kabupaten Bengkalis bisa tiba di tanah air dengan nyaman dan selamat.

"Karena kita tidak tau bagaimana kondisi kesehatan jemaah haji Kabupaten Bengkalis setelah tiba ditanah air, maka dari itu kami tekankan agar melakukan langkah antisipasi fasilitas pelayanan bagi jemaah haji seperti menyediakan beberapa ambulance yang diperuntukan untuk berjaga-jaga, serta kendaraan untuk jama’ah yang reaktif, sehingga jika terjadi sesuatu hal sudah ada penanggannnya," jelas H Bustami.

Hadir dalam rapat tersebut Kepala Kantor Kemenag Khaidir, Ketua MUI Kabupaten Bengkalis H Amrizal, Dinas Kesehatan diwakili Irawadi, Kepala Bagian Prokopim diwakili Nurhadi, Camat Bengkalis Ade Suwirman, Camat Bukit Batu diwakili Sekcam Muhammad Ikhwan Suhada, Camat Kecamatan Siak Kecil diwakili Ahmad Tatang, Camat Bantan di wakili Gunandi.

Juga hadir Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Bengkalis Suhardi, Kepala KUA Kecamatan Mandau Saim, Kepala KUA Kecamatan Bantan Mahmud. #PROKOPIM