Seluruh Satlinmas Harus Sukseskan Pemilu Kada Bengkalis

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :
19-April-2010

Bengkalis – Bupati H Syamsurizal mengintruksikan agar seluruh anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di daerah berpartisipasi aktif dan meningkatkan kesiapsiagaan sehingga pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pemilu Kada) Bengkalis 2010-2015.

“Dalam rangka menghadapi Pemilu Kada Bengkalis 2010-2015 yang akan dilaksanakan 3 Juni mendatang, seluruh anggota Satlinmas harus mampu menciptakan dan menjaga agar situasi tetap kondusif serta dapat mewujudkan rasa aman dan tenteram di masyarakat”, kata Syamsurizal.

Selaku Pembina Teknis Operasional Satlinmas Kabupaten Bengkalis, Syamsurizal mengatakan hal itu saat ditemui usai memimpin ucacara peringatan Hari Ulang Tahun Satlinmas ke-48. Upacara yang juga dihadiri Ketua DPRD Bengkalis Indra Gunawan dan Muspida tersebut, dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Bengkalis, Senin (19/4) kemarin.

Untuk menciptakan situasi aman dan tertib dalam Pemilu Kada tersebut, kata Syamsurizal lagi, Satlinmas mempunyai peran yang sangat penting. Karena dalam Pemilu Kada tersebut, sambungnya, Satlinmas akan terlibat langsung. Terutama sebagai petugas pengamanan langsung yang merupakan bagian dari Kelompok Penyelengaraan Pemungutan Suara (KPPS).

Meskipun demikian, Syamsurizal juga mengingatkan, agar seluruh anggota Satlinmas di daerah ini dalam menjalankan tugasnya pada Pemilu Kada dimaksud, tetap menjunjung tinggi sikap netralitas.

“Sebagaimana juga anggota TNI dan Polri, dalam melaksanakan tugasnya sebagai petugas pengamanan dalam Pemilukada, juga harus bersikap netral. Jangan dan tidak boleh memihak salah satu pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah”, tegasnya.

Pada bagian lain, kata Syamsurizal, seluruh anggota Satlinmas dalam melaksanakan tugas dan fungsinya harus mampu dan terus meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan pihak terkait lainnya,. Khususnya, dengan jajaran kepolisian dan TNI.

“Koordinasi dan konikasi itu sangat penting, karena Satlinmas merupakan Satlinmas merupakan ujung tombak yang langsung penyelengaraan perlindungan masyarakat yang merupakan salah satu urusan wajib dan merupakan kewenangan pemerintah daerah”, jelasnya.

Karena itu pula, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, maka seluruh anggota Satlinmas di daearah ini, harap Syamsurizal, harus mampu meminimalisir berbagai ekses bencana yang dapat menggangu ketertiban dan keamanaan masyarakat. “Baik itu bencana alam, bencana karena ulah manusia, bencana karena pertikaian atau konflik”, paparnya.

Syamsurizal juga menambahkan, bahwa Pemkab Bengkalis terus berupaya meningkatkan kapasitas Satlinmas di daerah ini agar semakin berkualitas. “Ditaranya dilakukan melalui berbagai pelatihan, penyuluhan dan bimbingan teknis”, katanya.

sumber bagian humas