Siak Kecil Mendapat Kucuran Dana 82,5 M Dari APBD Kabupaten Bengkalis Tahun 2019

icon   Pada 12 Februari 2019 Bagikan ke :

LUBUK MUDA, HUMAS - “Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang)  Tingkat Kecamatan Siak Kecil tahun 2019 yang kita laksanakan ini merupakan rangkaian proses pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan nasional yang telah dijabarkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017.”

 

Demikian disampaikan Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Bappeda Kabupaten Bengkalis Muhammad Firdaus dalam sambutannya saat pembukaan Musrenbang tingkat Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis tahun 2019. Bertempat di Gedung Serbaguna Kantor Camat Siak Kecil Jl. Ismail Yusuf, Selasa (12/02/2019) pagi.

Firdaus menambahkan bahwa forum Musrenbang ini adalah forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati usulan prioritas masing-masing desa.

“Hari ini kita akan melakukan musyawarah antar seluruh pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang diusulkan desa yang nantinya akan diintegrasikan dengan prioritas pembangunan Daerah Kabupaten Bengkalis dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD)  tahun 2020,” Ujar Firdaus.

Firdaus juga menekankan kepada seluruh peserta Musrenbang hendaknya menyampaikan dan menetapkan kegiatan prioritas yang benar-benar menjadi kebutuhan masyarakat serta mengusulkan kegiatan pada sektor-sektor riil dan produktif sehingga musyawarah yang dilaksanakan ini dapat melahirkan program super prioritas, realistis dan berkualitas sehingga dapat berhasil guna dan berdaya guna demi kesejahteraan masyarakat.

Musrenbang Kecamatan Siak Kecil ini berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)  Kabupaten Bengkalis 2016-2021 mengangkat tema RKPD tahun 2020 yakni “Menuju kemandirian desa yang berkearifan lokal.” Tema ini selaras dengan Nawa Cita ketiga Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yakni membangun indonesia dari pinggiran dengan memperkuat pembangunan daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menurut Firdaus Lagi bahwa Pemerintah Kabupaten Bengkalis berkomitmen dan lebih serius kedepannya untuk mewujudkan kemandirian desa dalam wilayah Kabupaten Bengkalis khususnya di Kecamatan Siak Kecil.

“Secara umum bukti keseriusan kita dalam membangun desa dapat dibuktikan dengan kwberhasilan Kabupaten Bengkalis berada pada posisi terbaik ke lima secara nasional dengan laju pembangunan desa tercepat dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia. “ pesan Firdaus.

Secara umum pada tahun  2019 Kecamatan Siak Kecil mendapatkan bagian APBD Kabupaten Bengkalis sebesar Rp. 82.8 Milyar yang diperuntukkan untuk berbagai sektor seperti pembangunan infrastruktur jalan,pendidikan,kesehatan dan dana transfer ke desa.

Dalam kesempatan yang sama Camat Siak Kecil Muhammad Fadlul Wajdi menyampaikan bahwa di Kecamatan Siak Kecil masih sangat membutuhkan perhatian ekstra.

“Siak Kecil yang masuk dalam gerbang laksamana masih butuh perhatian lebih dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam beberapa sektor pembangunan terutama sektor pertanian, perkebunan dan infrastruktur jalan.”

Lanjut mantan Camat Bantan ini lagi di Siak Kecil perlu dibangun Pabrik Kelapa Sawit (PKS)  mini dalam upaya meningkatkan harga kelapa sawit yang secara otomatis dapat mendongkrak perekonomian masyarakat. Selain itu infrastruktur jalan poros Desa Langkat, Desa Sadar Jaya, Desa Muara Dua, Desa Sungai Linau dan Desa Bandar Jaya sangat memerlukan perhatian khusus yang kondisinya saat ini sangat memprihatinkan, “ pinta Fadlul.

Musrenbang di Kecamatan Siak Kecil dikuti sebanyak 167 orang peserta terdiri dari unsur Kepala Desa, Ketua BPD, Ketua TP., PKK desa, Kaur Pembangunan dari 17 Desa dalam wilayah Kecamatan Siak Kecil.

Tampak hadir Wakil Ketua DPRD Bengkalis Indra Gunawan Eed,  Anggota DPRD Bengkalis Daerah Pemilihan Siak Kecil, Bukit Batu dan Bandar Laksamaa Aisyah, Azmi R. Fatwa dan Zuhandi,  Camat Siak Kecil M. Fadlul Wajdi, Kapolsek Siak Kecil Sunaryo.

Turut hadir Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas perwakilan OPD di Lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Kepala UPT, UPTD dan Korwilcam se-Kecamatan Siak Kecil.