Tanoto Foundation Paparkan Capaian Program PINTAR Ke Pemkab Bengkalis.

icon   Pada 9 Maret 2023 Bagikan ke :

BENGKALIS - Tanoto Foundation Riau menggelar kegiatan District Stakeholder Meeting yakni pertemuan bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis, di Aula Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bengkalis, Selasa, 7 Maret 2023.

District Stakeholder Meeting ini bertujuan memaparkan capaian dan lesson learn Program Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran (PINTAR) tahun 2022.  Kemudian juga membahas fokus Program PINTAR tahun 2023 dan kebutuhan dukungan Mitra dalam pelaksanaan kegiatan program PINTAR. Setelah itu membuat rencana tindak lanjut bersama kegiatan dan dukungan mitra Program PINTAR.

Kegiatan ini diikuti Kepala Disdik diwakili Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMP Disdik Junaidi Yahya, Provincial Coordinator Tanoto Foundation Riau Dendi Satria Buana dan District Coordinator Bengkalis Asri, perwakilan Kemenag Bengkalis, Bappeda Bengkalis dan Pengawas Sekolah Bengkalis.

Kabid Pembinaan SMP, Junaidi Yahya mengapresiasi dan mendukung Program PINTAR dari Tanoto Foundation. "Kami mengapresiasi Program PINTAR. Program ini harus didukung dan diaplikasikan oleh pemangku kepentingan," ungkapnya.

Provincial Coordinator Tanoto Foundation Riau, Dendi Satria Buana berharap, melalui kegiatan ini pemangku kepentingan mengetahui capaian program PINTAR 2022 dan fokus program PINTAR 2023.

Dendi Satria Buana menambahkan, konsep program kegiatan Tanoto Foundation menyelaraskan kegiatan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) tujuan 4 pendidikan berkualitas.

“Tanoto Foundation pada tahun 2023 mempunyai tiga fokus program salah satunya mendukung suksesnya Implementasi Kurikulum Merdeka IKM dan Platform Merdeka Mengajar masuk perencanaan berbasis data.”jelasnya.

Dendi Satria Buana mengungkapkan, untuk kegiatan tahun 2023 ini ada dua kelompok Fasilitator Daerah (Fasda) pendamping dan Fasda perubahan (Proyek Perubahan) dan untuk Kepala Sekolah ada Kepala Sekolah Inovator (pelatihan berbasis proyek), semuanya untuk pencapaian target Implementasi Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar, capaian Literasi dan Numerasi dan skala Keberlanjutan agen-agen perubahan.

District Coordinator Bengkalis, Asri memaparkan hasil dan capaian Program PINTAR 2022 Kabupaten Bengkalis. Untuk mengukur keberhasilan program kami menggunakan Aplikasi Pemantauan Sekolah (APS).

APS ini menjadi alat program PINTAR untuk melihat kondisi sekolah mitra dalam mengimplementasikan program. Data APS ini juga digunakan sebagai data pendukung beberapa indikator keberhasilan program (district graduate).

“Berdasarkan hasil pemantaun menggunakan APS didapatkannya hasil bahwa pada tahun 2022 untuk Kabupaten Bengkalis meraih predikat District Grow ,” jelasnya.

Asri menambahkan selama tahun 2022 Program PINTAR ada beberapa kegiatan rutin yang dilakukan, penerapan praktik baik pembelajaran oleh Guru, Kepala Sekolah, dan Orang Tua diantaranya guru mendemonstrasikan pembelajaran aktif berbasis teknologi dalam Literasi dan Numerasi. Pelatihan kepada guru dan kepala sekolah, serta pelatihan kepada duta orang tua serta pelatihan parenting kepada orang tua siswa.  

Praktik Baik yang didapat dari Program PINTAR adalah inisiatif Koodinator dan Kelompok Kerja Sekolah/Musyawarah Kelompok Kerja Sekolah untuk berkegiatan secara mandiri cukup tinggi. Aktif dalam Program PINTAR sejalan dengan prestasi sekolah, guru, Fasda.  Satu sekolah meraih penghargaan Adiwiyata Nasional, serta di Bengkalis juga memiliki Fasda Nasional.

Untuk rencana tindaklanjut kegiatan District Stakeholder Meeting agar predikat menjadi Graduate District, harus ada dukungan dari mitra untuk peningkatan kegiatan Literasi SMP/MTs, Numerasi SD/MI dan SMP/MTs. #DISKOMINFOTIK