Tiga Bulan Kedepan SMKN 3 Bengkalis, SMKN 1 Rupat dan SMKN 1 Pinggir Melaksanakan Penelitian LKI

icon   Pada 6 September 2022 Bagikan ke :

BENGKALIS - Pelaksanaan Lomba Karya Ilmiah (LKI) tingkat SMA/Se-derajat Se-Kabupaten Bengkalis Tahun 2022 yang ditaja Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Bengkalis masih berlangsung pelaksanaannya, Selasa (6/9/2022).

Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 24 proposal penelitian yang masuk berkompetisi mengikuti lomba karya ilmiah, terpilih 6 proposal dinyatakan lulus seleksi Lomba Karya Ilmiah (LKI) tingkat Kabupaten Bengkalis berdasarkan keputusan dewan juri yang tertuang dalam berita acara dewan juri Nomor 01/DJNIII/2022 tertanggal 18 Agustus 2022.

Namun setelah dilaksanakan persentasi LKI di Aula Kantor Balitbang dan diseleksi langsung dari dewan juri Dr. Eng Noerdin Basir dari Politeknik Negeri Bengkalis, Dr. Imam Ghozali dari STAIN Bengkalis dan Muhammad Fadhil Junery dari STIE Syariah Bengkalis terpilih 3 proposal/sekolah yang melanjutkan penelitian selama tiga bula kedepan.

Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Bengkalis juga memberikan bantuan penelitian sebesar Rp. 15 Juta kepada tiga utusan terbaik   selama melaksanakan penelitian. Untuk pelaksanaan penelitian akan dilaksanakan pada 7 September 2022 hingga 6 Desember 2022 mendatang.

Penetapan tiga nominator yang masuk ke tahap akhir kegiatan LKI berdasarkan keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Bengkalis Nomor: 18/KPTS/IX/2022. Adapun tiga proposal peserta yang masuk babak akhir tersebut diantaranya pertama, Rancang Bangun Mesin Pencetak Pelet dari Limbah Kulit Udang (Ebi) Solusi Pakan Ternak Alternatif karya SMK Negeri 3 Bengkalis, Kedua, Pemanfaatan Limbah Jerami Padi Sebagai Pupuk Kompos dengan Beberapa Aktivator Organik di Kecamatan Rupat karya SMK Negeri 1 Rupat, dan ketiga, Modifikasi   Blender   Pencacah Sampah Organik dari Barang  Bekas  Sebagai  Salah  Satu  Teknologi  lnovasi di Bidang Pertanian karya SMK Negeri 1 Pinggir.

Selanjutnya pengumuman dan pemberian hadiah serta penghargaan akan dilaksanakan pada Minggu ke dua bulan Desember 2022, tetapi sebelum diberikan hadiah kepada masing-masing utusan dari tiga proposal tersebut akan melaksanakan persentasi/peragaan hasil penelitian. #PROKOPIM