Tingkatkan Kompetensi Amil, Baznas Gelar Bimtek untuk UPZ Masjid-Mushalla di Duri

icon   Pada 15 Maret 2023 Bagikan ke :

BENGKALIS - Guna meningkatkan kompetensi Amil di Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) masjid dan mushalla se Kecamatan Mandau, Pinggir, Bathin Solapan dan Talang Muandau, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bengkalis, melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek), Selasa, 14 Maret 2023.

Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Bathin Betuah Kantor Camat Mandau ini, secara resmi dibuka Bupati Bengkalis Kasmarni, diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Bengkalis, Andris Wasono.

"Kami melihat Baznas kabupaten bengkalis, terus mengalami perkembangan yang cukup baik dan signifikan dari tahun ke tahun, tentunya kami berharap, kedepannya, kinerja Baznas ini akan terus membaik dan berprestasi, melalui berbagai terobosan dan inovasi yang dilakukan agar potensi pengumpulan zakat, infaq dan sedekah yang ada dinegeri junjungan ini bisa kita optimalkan," ujarnya ketika membacakan pidato tertulis Bupati Bengkalis.

Andris juga mengungkapkan, besarnya potensi zakat yang dimiliki saat ini, tentunya tidak akan tercover sendiri oleh Komisioner Baznas yang personilnya cukup terbatas. segala potensi tersebut, tentunya dapat dioptimalkan jika adanya sinergi serta dukungan penuh dari para amil yang berada di UPZ kecamatan, desa, kelurahan, sekolah, mesjid, mushalla, perusahaan dan tempat-tempat lainnya, sesuai peran dan fungsinya. 

"Maka keberadaan Amil sebagai pengurus UPZ masjid dan mushalla perlu kita tingkatkan kompetensinya melalui bimbingan tekhnis ini, agar kedepannya pengurus UPZ mesjid dan mushalla memiliki kemampuan lebih dalam mengumpulkan zakat, infaq dan sedekah, dengan mengerahkan segala tenaga dan pikirannya serta dapat melakukan operasionalisasi zakat, infaq dan sedekah menjadI lebih baik, sehingga apa yang menjadi tujuan dari zakat, infaq dan sedekah sebagai salah satu solusi dalam mengatasi berbagai problematika kemiksinan dan kesenjangan sosial yang terjadi ditengah masyarakat dapat kita lakukan secara sistematis. Apa lagi selama ini mungkin pengurus masjid dan mushalla hanya memahami zakat dalam konteks zakat fitrah saja," jelas Asisten I ini.

Kepada pengurus UPZ masjid dan mushalla, ia juga berharap, agar dapat mengikuti bimtek ini dengan serius dan semangat, agar kedepannya dapat lebih berdaya dan berhasil guna. 

Andris juga berpesan agar melaksanakan tugas dan amanah sebagai pengurus UPZ secara ikhlas, cerdas, cerdas dan tuntas dalam mengoptimalkan pengumpulan zakat.

Gali terus potensi zakat yang berada di wilayah kerja masing-masing, sehingga tujuan zakat benar-benar dapat kita lakukan dan kita berdayakan. dan kepada Pimpinan Baznas Kabupaten Bengkalis kami berharap setelah dilaksanakan Bimtek ini secepatnya dilaksanakan penguatan kelembagaan UPZ masjid dan mushalla yang ada di Negeri Junjungan ini," tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kepala KUA Mandau, Saim, para Komisioner Baznas Kabupaten Bengkalis, yang terdiri dari Ketua Ismail, Wakil Ketua I Risman Hambali, Wakil Ketua II Edi Suyanto dan Wakil Ketua III Umayyah, para tamu undangan lainnya, serta para Amil UPZ Mushalla dan Masjid dari empat kecamatan di Duri.