Diantaranya Mendatangkan Pendongeng Tingkatkan Kunjungan Pemustaka, Setiap Sabtu Dinas Persip Kabupaten Bengkalis Gelar Banyak Iven

icon   Pada 5 Februari 2019 Bagikan ke :

BENGKALIS – Berbeda dengan kebanyakan Perangkat Daerah (PD) di Pemkab Bengkalis yang hanya buka Senin-Jum’at. Karena memberlakukan 6 hari kerja dalam seminggu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) tetap memberikan pelayanan pada hari Sabtu..

Bahkan, di hari Sabtu, PD yang berlokasi di jalan Pertanian Desa Senggoro, Kecamatan Bengkalis aktivitasnya justru bertambah banyak.

Kepala Dinas Persip H Suwarto mengatakan, berbagai kegiatan yang ditaja di hari Sabtu itu sebagai salah satu kiat untuk menarik minat masyarakat agar mau berkunjung ke Perpustakaan Daerah yang dikelola PD yang dipimpinya itu.

“Muara akhirnya tentu untuk meningkatkan minat baca masyarakat,” jelas Suwarto, di sela-sela menerima kunjungan wartawan RRI Programa 1 Bengkalis di bagian pelayanan Dinas Persip, Senin, 4 Februari 2019.

Mantan Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten ini menjelaskan iven-iven yang ditaja Dinas Persip tersebut antara lain dengan mendatangan pendongeng, lomba bercerita, melukis, menulis dan mendatangan komunitas literasi.

“Setiap Sabtu iven-iven itu memang kita taja guna memikat pengukung untuk dating ke Perpusatakaan Daerah di Dinas Persip ini,” katanya.

Masih menurut Suwarto, kita lain yang dilakukan pihaknya untuk meningkatkan kunjungan masyarakat ke Perpusatakaan Daerah Kabupaten Bengkalis ini, yaitu dengan memperbaharui buku-buku yang diperlukan pemustaka (pengguna perpustakaan).

“Kita juga melakukan kunjungan langsung ke masyarakat melalui perpustakaan keliling. Kiat-kiat ini kita lakukan untuk mempertahankan eksistensi perpustakaan konvensional,” katanya

Namun, sambungnya, pihaknya juga terus dan terus mengembangkan perpustakaan digital, sehingga dengan hanya menggunakan smartphone orang bisa membaca buku dimana saja dan kapan saja #DISKOMINFOTIK