Upacara Hari Santri 2023, Bupati Kasmarni Ajak Santri Jihad Jayakan Negeri

icon   Pada 23 Oktober 2023 Bagikan ke :

BENGKALIS - Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN), Bupati Bengkalis Kasmarni menjadi inspektur upacara pengibaran Bendera Merah Putih, di halaman Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Bengkalis, Minggu, 22 Oktober 2023.

"Sejak ditetapkan pada tahun 2015, kita pada setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan hari santri ini dengan tema yang berbeda. Untuk tahun 2023 ini, peringatan hari santri mengangkat tema 'Jihad Santri Jayakan Negeri'," ujar Bupati Bengkalis Kasmarni ketika membacakan amanat tertulis Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas.

Tema ini, lanjutnya, memiliki maksud mengajak para santri untuk terus berjuang membangun kejayaan negeri dengan semangat jihad intelektual, karena para santri adalah pahlawan pendidikan dan pejuang kebodohan, terutama di era transformasi digital saat ini.

"Oleh karenanya, dalam kesempatan ini, izinkan kami atas nama Pemerintah Kabupaten Bengkalis, menyampaikan ucapan selamat menyambut Hari Santri Nasional tahun 2023 kepada seluruh santri Kabupaten Bengkalis. Mari kita sambut momentum hari santri tahun ini, sebagai media pengingat bagi kita semua, khususnya anak-anak kami para santri, bahwa anda-anda semua memiliki andil besar dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia," ajak Bupati Kasmarni.

Bukan itu saja, Bupati juga mengingatkan bahwa semua para santri juga memiliki andil besar untuk senantiasa aktif ikut berkontribusi dalam memajukan negeri ini. Terlebih dalam mewujudkan Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera.

"Mari kita bergandeng tangan, bersama-sama berjuang membangun kejayaan negeri ini dengan semangat jihad intelektual, khususnya untuk melakukan jihad melawan ketidakpahaman, kebodohan, dan ketertinggalan, dalam mendukung terwujudnya Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera," sebutnya.

Hadir dalam upacara tersebut, Pimpinan DPRD kabupaten Bengkalis, Sofyan. S.Pd.I, Dandim 0303/Bengkalis diwakili Letkol Arh Irvan Nurdin, Sekda Bengkalis, dr Ersan Saputra, Kapolres Bengkalis, diwakili Kabag Log Polres Bengkalis, AKP Andri Saputra, Wakil Ketua Pengadilan Agama Bengkalis Mumu Mu'min Muktasidin, Danposal Bengkalis, Letda Laut (E) Nur Johan, Kepala Kantor Kemenag Bengkalis, H. Khaidir, Ketua STAIN Bengkalis Prof. Dr. Syamsul Nizar, Ketua MUI Bengkalis H Amrizal  dan tamu undangan lainnya.