Wakil Bupati Bagus Santoso Pimpin Apel Peringatan HAB Ke-78 Kementerian Agama

icon   Pada 3 Januari 2024 Bagikan ke :

MANDAU - Wakil Bupati Bengkalis DR. H. Bagus Santoso memimpin apel peringatan Hari Amal Bhakti Ke-78 Kementerian Agama Republik Indonesia, Rabu 3 Januari 2024, bertempat di halaman Kantor Camat Mandau.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati Bengkalis H. Bagus Santoso membacakan sambutan Menteri Kementerian Agama Republik Indonesia mengatakan, hari amal bakti tentu tidak semata sebuah nama, tetapi di dalamnya terkandung harapan dan tekad untuk mencurahkan pengabdian kepada seluruh umat beragama.

"Hari ini kita telah memasuki tahun 2024. Setiap tahun baru, setiap insan kementerian agama memiliki makna baru. kementerian agama dilahirkan pada awal tahun, yakni 3 Januari. Tepatnya 3 Januari 1946. Artinya, setiap memasuki tahun baru, kita harus memiliki spirit ganda yang muncul dari pergantian tahun dan peringatan hari lahir kementerian agama. Spirit ganda ini harus diwujudkan dalam bentuk amal bakti yang semakin mendalam dan paripurna,"tuturnya.

Pada peringatan hari amal bakti ke-78 Kementerian Agama ini, saya mengajak kita semua untuk terus meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan kita mewujudkan segala cita dibentuknya kementerian agama.

Lanjut Bagus sebagai institusi yang memiliki tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama dan pendidikan keagamaan, tugas kementerian agama tidaklah ringan. Di antara tugas beratnya adalah menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan nasional.

Tugas yang berat ini dilaksanakan di antaranya dengan memberikan layanan yang adil, transparan, dan akuntabel untuk seluruh umat beragama. Selain itu, juga memiliki tugas untuk membangun karakter bangsa melalui pendidikan agama. Bekal pendidikan agama yang moderat adalah fondasi kokoh dalam mewujudkan kerukunan umat beragama demi tercapainya tujuan pembangunan. 

"Pada momentum HAB ke-78 Kementerian Agama ini, saya mengajak kepada seluruh asn kementerian agama untuk meningkatkan spirit layanan kita kepada seluruh umat beragama. indonesia hebat bersama umat adalah tema yang kita usung pada hab ke-78 ini. ini bermakna bahwa kita harus bersama umat untuk menuju indonesia yang hebat,"ujarnya.

Lebih ia katakan, wujud dari bersama umat ini adalah dengan memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat beragama. Oleh karena itu, mari wujudkan birokrasi yang melayani.

"Layani umat beragama dengan senang hati, riang gembira, dan penuh pengabdian. Jadikan pelayanan umat ini sebagai “panggilan hati”, bukan semata kewajiban birokrasi,"pungkasnya.

Turut ikut pada kesempatan tersebut, para pejabat eselon I, II, II dan IV, kemudian Fungsional Pertama, Muda, dan Madya, serta seluruh pegawai aparatur sipil negara kementerian agama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. #DISKOMINFOTIK.