Mencari Solusi Atasi Lahan Kritis di Pesisir Riau WALHI Adakan Diskusi Aksi Kita untuk Bumi, Wabup Bengkalis Jadi Pembicara

icon   Pada 22 April 2021 Bagikan ke :

BENGKALIS -  22 April, merupakan tanggal peringatan Hari Bumi. Wakil Bupati Bengkalis, H. Bagus Santoso, berkesempatan memperingatinya dengan menjadi salah satu pembicara dalam kegiatan diskusi bertajuk Aksi Kita untuk Bumi, yang diselenggarakan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Riau secara virtual, Kamis 22 April 2021.

Diskusi utama yang dibahas dalam kesempatan ini adalah mencari solusi mengatasi lahan kritis di pesisir Provinsi Riau, khususnya Kabupaten Bengkalis, juga menjemput Dosen Fakultas Teknik UNRI, Sigit Sutikno, Ketua Kelompok Tani Hutan Lestari Alam, Burhanuddin dan Direktur WALHI Riau, Riko Kurniawan.

Dalam kesempatan itu, di ruang Rapat Wakil Bupati lantai II Kantor Bupati Bengkalis ada beberapa poin yang disampaikan Bagus Santoso, diantaranya bahwa sebagai seorang yang membantu dan mendampingi Bupati Bengkalis, Ibunda Kasmarni dan dirinya berkomitmen untuk menjaga Kabupaten Bengkalis dari abrasi yang mengancam daratan Negeri Junjungan, khususnya Pulau Bengkalis dan Pulau Rupat.

“Ini salah satu komitmen ibunda Bupati bersama saya selama menjabat Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis. Namun, karena membendung abrasi tidak lah sedikit biaya, kami tentu sangat berharap kerja dan peran aktif bersama, seperti dari Universitas, WALHI, maupun perusahaan-perusahaan, untuk sama-sama membantu Pemerintah Kabupaten Bengkalis,” terang Bagus Santoso.

Menurut Bagus, jika hanya mengandalkan kemampuan APBD Bengkalis, abrasi tidak dapat ditanggulangi dengan segera. Perlu suplai dana dari Provinsi dan Pusat serta corporate agar bersama-sama menuntaskan persoalan ini.

Ia juga berterima kasih karena diberikan kesembatan untuk menjadi pembicara dalam webiner ini dan meminta solusi-solusi terbaik dari seluruh pihak untuk bergandengan tangan dalam menuntaskan permasalahan abrasi maupun kebakaran hutan dan lahan serta hal-hal yang berkaitan terhadap lingkungan lainnya.

Turut mendampingi Wabup ketika menjadi pembicara dalam diskusi tersebut, Asisten Administrasi Umum, H. T. Zainuddin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, H. Imam Hakim, Plt. Kepala Dinas Pertanian, H. Tarmizi dan beberapa pejabat lainnya.#DISKOMINFOTIK