BeritaBuka Geram Ceting, Bupati Kasmarni Ajak Sosialisasikan Pentingnya Konsumsi Pangan B2SA

Buka Geram Ceting, Bupati Kasmarni Ajak Sosialisasikan Pentingnya Konsumsi Pangan B2SA

Repost on : 14/10/2021 10:56 WIB | 73x
Foto

BANDAR LAKSAMANA - Bupati Bengkalis Kasmarni membuka Gerakan Makan B2SA Cegah Stunting (Geram Ceting) di SD Negeri 08 Desa Bukit Kerikil Kecamatan Bandar Laksamana Rabu, 13 Oktober 2021. 

Dalam kesempatan tersebut mantan Camat Pinggir ini meminta semua pihak untuk berperan menyampaikan pentingnya konsumsi pangan "Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman" (B2SA). 

"Pengetahuan akan pentingnya konsumsi pangan B2SA perlu terus kita lakukan sampai pada tingkat terkecil dalam kelompok masyarakat, yaitu keluarga, terutama kepada ibu-ibu rumah tangga. Karena ibu memiliki peran sebagai penentu dan penyedia menu keluarga dan memegang peranan penting akan kualitas konsumsi pangan yang beragam dan bergizi setiap individu dalam keluarganya," ujar Kasmarni. 

Lanjut orang nomor satu di Negeri Junjungan ini peran semua pihak diperlukan termasuk tenaga pendidik yang tak kalah pentingnya. Dimana bisa dimulai dengan menyampaikan, mengenalkan, dan menganjurkan kepada anak didik untuk senantiasa mengkonsumsi pangan lokal yang sehat, bersih, beragam lagi bergizi. 

"Paling tidak bisa dimulai dari gerakan membawa bekal serta makanan yang disediakan di kantin-kantin sekolah, kalau perlu, dalam seminggu itu ada satu atau dua hari edisi khusus makan sayur dan buah bagi anak didik. karena anak didik kita saat ini merupakan generasi penerus bangsa dan investasi terbesar bagi masa depan bangsa," ajaknya. 

Bupati Kasmarni yakin, jika pola konsumsi pangan B2SA, melalui pemanfaatan pangan lokal ini dapat dipenuhi oleh masyarakat, maka kedepannya Kabupaten Bengkalis akan memiliki generasi yang sehat, kreatif, cerdas, berprestasi serta berakhlak mulia, sehingga dapat membebaskan Kabupaten Bengkalis dari stunting. 

Kemudian Kasmarni juga mengajak masyarakat dan seluruh instansi pemerintah maupun swasta agar disetiap kegiatan maupun acara, senantiasa menyajikan olahan pangan lokal sebagai konsumsi. 

Hal tersebut merupakan salah satu bentuk edukasi dan sosialisasi serta terciptanya peluang peningkatan ekonomi bagi para pelaku usaha pangan lokal.

"Optimalkanlah pemanfaatan lahan pekarangan rumah kita masing-masing sebagai sumber pangan  keluarga dalam rangka memenuhi konsumsi makanan B2SA untuk seluruh anggota keluarga," pungkasnya. 

Geram Ceting merupakan gerakan yang diinisiasi oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis. 

Dimana gerakan ini tibul karena kepedulian Kelompok Wanita Tani (KWT) pelaksana program Pekarangan Pangan Lestari yang membagi-bagikan hasil tanaman pekarangan, baik berupa sayur-sayuran, buah-buahan, maupun bibit dan benih kepada keluarga stunting, ibu hamil maupun keluarga kurang berkemampuan sebagai intervensi terhadap kasus stunting di Kabupaten Bengkalis. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Imam Hakim mengungkapkan peserta dari Geram Ceting ialah anak Sekolah Dasar dan PAUD Desa Bukit Kerikil serta juga melibatkan guru dan orang tua murid. 

Diakhir acara, Bupati Kasmarni yang juga merupakan Bunda PAUD ini  memperkenalkan sejumlah makanan yang termasuk dalam kategori B2SA kepada peserta Geram Ceting. 

Terlihat hadir dalam kegiatan tersebut, sejumlah Kepala Perangkat di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Hj Siti Aisyah, Ketua DWP Hj Akna Juita Bustami, Camat Bandar Laksamana Acil Esyno, Camat Siak Kecil Daswan, Ketua TP.PKK Bandar Laksamana Rita, Kades Bukit Kerikil dan masyarakat serta murid SD serta PAUD. #DISKOMINFOTIK