Bupati meresmikan PT.Pelindo cabang Sungai Pakning

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :
18-March-2010

Sungai Pakning – Bupati Bengkalis, H Syamsurizal, mengatakan, sebagai daerah yang sebagian wilayahnya terdiri dari pulau-pulau dan berbatasan langsung dengan daerah dan negara lain yang tipologi geografisnya hampir sama, satu faktor pendukung yang harus tersedia bila ingin cepat berkembang dan maju, adalah tersedianya pelabuhan yang refresentatif.

“Lebih-lebih di era seperti sekarang ini. Selain refresentatif, pelabuhan tersebut juga berada dalam dan menjadi bagian jaringan transportasi laut global”, jelas bupati. Diwakili Kepala Dinas Pehubungan, Komunikasi dan Informasi, Jhoni Syafrizal. Hal itu disampaikannya pada acara peresmian PT Pelindo Cabang Sungai Pakning, Kecamatan Bukit Batu, Rabu (17/3).

Pentingnya pelabuhan dimaksud, kata bupati, karena keberadaannya bukan saja menjadi urat nadi penghubung antar daerah atau wilayah. Tetapi juga menjadi salah satu titik sentral bagi pusat berbagai aktivitas ekonomi masyarakat.

Karena itu pula, bupati menyambut baik peningkatan stratifikasi PT Pelindo I Sungai Pakning tersebut. Sebelumnya, PT Pelindo I Sungai Pakning ini, hanya berstatus Perwakilan. Sekarang, melalui peresmian tersebut ditingkatan menjadi PT Pelindo I Cabang Sungai Pakning.

Selain itu, kata bupati, sejalan dengan upaya yang telah dan terus dilakukan Pemkab Bengkalis dalam mempercepat keberhasilan pembangunan ekonomi masyarakat melalui peningkatan pelayanan jasa kepelabuhan, peningkatan itu ke depan, selain dapat menjadi pendorong mativasi manajemen PT Pelindo I Cabang Sungai Pakning untuk meningkatkan kualitas jasa pelayanan kepelabuhan, juga diharapkan dapat semakin memperkuat sinergi dan kemitraan dengan Pemkab Bengkalis. Terutama dalam meningkatkan kualitas pelayanan jasa kepelabuhan bagi stakeholder di daerah ini.

Bupati yakin, peningkatan status ini pasti didasarkan pada berbagai kajian dan pertimbangan yang komprehensif guna mengantisipasi berbagai tuntutan dan tantangan ke depan yang semakin kompetitif. Khususnya untuk mempercepat terwujudnya visi PT Pelindo I.

“Terutama untuk mewujudkan salah satu makna yang terkandung dan ingin dicapai dalam visi tersebut, yaitu menjadi andalan dan kebanggaan masyarakat serta pemerintahan daerah dalam kepedulian terhadap lingkungan (community development)”, singgung Syamsurizal.

Pada bagian lain, sesuai dua misi PT Pelindo I yaitu corporate mission (untuk memperoleh laba), dan port mission (untuk mengembang wilayah di dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat), bupati mengharapkan PT Pelindo I untuk terus berupaya menyediakan jasa kepelabuhanan yang semakin berkualitas di daerah ini.

“Jasa kepelabuhan benar-benar dapat berperan sebagai pusat logistik, memberikan nilai tambah, serta mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah dan masyarakat di Kabupaten Bengkalis”, harapnya.

Karena, sambungnya, baik visi maupun misi PT Pelindo I tersebut, bila dikaitan dengan visi dan misi kabupaten bengkalis yang hendak dicapai pada tahun 2020, sangat relevan dan memiliki tujuan yang sama.

Selain itu, dengan kenaikan status itu, bupati juga mengharapkan agar seluruh jajaran manajemen PT Pelindo I Sungai Pakning, untuk terus meningkatan dan senantiasa melakukan berbagai upaya untuk mencapai tujuan utama keberadaannya. Yaitu untuk memuaskan pelanggan dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, terutama pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah ini.

“Saya berharap, kenaikan status ini akan membuat jalinan kerjasama dan kemitaraan dengan PT Pelindo I dengan Pemkab Bengkalis yang telah bersinergi baik selama ini, khususnya dalam meningkatkan upaya-upaya pelayanan jasa kepelabuhan dan peningkatan ekonomi masyarakat di daerah ini, ke depan dapat semakin dan terus ditingkatkan”, harapnya lagi.

Dalam kesempatan itu juga, sejalan dengan upaya Pemkab Bengkalis dalam meningkatkan ketersediaan infrastruktur, khususnya infrastruktur kepelabuhan, bupati juga mengharapkan PT Pelindo I dapat lebih meningkatkan pelayanan operasional pelabuhan di daerah ini.

“Saya berharap kiranya kiranya jajaran manajemen PT Pelindo I mau menanamkan investasinya di daerah ini. Baik itu investasi untuk pembangunan prasarana dan sarana pelabuhan maupun pengembangan sistem jasa kepelabuhan lainnya. insya allah, sesuai peraturan perundang-undangan, Pemkab Bengkalis akan mendukung dan memberikan berbagai fasilitas dan kemudahan”, janjinya.

Selain seluruh jajaran PT Pelindo Cabang Sungai Pakning, turut hadir dalam acara peresmian tersebut, antara lain anggota Dewan Komisaris PT Pelindo I, Dr. Ir. Rajak Manan, M.Sc, dan Direktur personalia dan operasi Pasoroan Herman Harianja.

sumber bagian humas