Jadi Kota Unggul, Pulau Bengkalis Harus Penuhi Empat Pilar

icon   Pada 13 April 2012 Bagikan ke :

BENGKALIS- Bupati Bengkalis Herliyan Saleh menghimbau agar Kepala Sekolah (Kasek) mendukung program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis menjadikan Pulau Bengkalis sebagai center excellence (Pusat Keunggulan).

Demikian disampaikan Herliyan, saat menghadiri pelantikan 31 Kepala Sekolah (Kasek) Dasar (SD)/Menengah Pertama (SMP) dan Menengah Atas (SMA) di Aula Kantor Bupati Lantai IV, Jum’at (13/4/12) malam lalu.

Menurut Herliyan, mewujudkan Pulau Bengkalis sebagai Kota atau Pusat Pendidikan, harus didukung empat pilar. Pertama, kelembagaannya harus dibentuk. Tahun ini diharapkan sudah terbentuk dan jurusan tidak lagi mengacu pada ilmu murni, tapi bersifat terapan yang dibutuhkan dunia usaha.

“Kita telah merencanakan akan mendirikan satu universitas, 4 politeknik dan 10 sekolah unggulan. Untuk universitas akan kita beri nama Universitas Sumatera Timur supaya gemanya tidak hanya Bengkalis,” ujarnya seperti dikutip dari release Humas Pemkab Bengkalis yang diterima riauterkini.com, Ahad (15/4/12).

Kedua, dengan menjadikan Kota Bengkalis sebagai pusat riset. Kemudian, cybercity atau Pusat Internet dan pilar terakhir science center atau Pusat Penelitian. “Oleh karena itu sangat penting adanya team work yang solid untuk mewujudkannya. Konsep ini baru pertama di Indonesia, peluang tersebut harus kita ambil,” katanya optimis.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis Herman Sani mengingatkan agar seluruh Kasek meningkatkan mutu anak didik. Khusus Kepala SMA, dirinya berharap hasil Ujian Nasional (UN) tahun ini jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu.

“Tahun lalu kita menempati rangking terakhir se- Riau untuk tingkat kelulusan SMA. Saya berharap tahun ini dapat lebih baik tidak seperti tahun lalu tersebut,” pintanya.***(dik)