Kepala PMD Tantang Kades Rela Wujudkan Desa IT

icon   Pada 8 April 2021 Bagikan ke :

BENGKALIS – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bengkalis, Yuhelmi menantang Kepala Desa (Kades) Resam Lapis (Rela) Kecamatan Bantan untuk segera mewujudkan pelayanan berbasis elektronik dan informasi alias Desa IT.

Tantangan tersebut disampaikan Yuhelmi menanggapi keinginan Kades Resam Lapir Junaidi, pada peresmian Usaha Depot Air Minum Tirta Rela milik Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Mulia Jaya Abadi, Kamis 8 April 2021.

“Kami menyambut baik keinginan pak kades yang ingin menjadikan Desa Resam sebagai desa IT. Karena ini sebuah inovasi untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Yuhelmi.

Saat ini kata Yuhelmi, di Kabupaten Bengkalis baru ada satu desa digital atau desa IT untuk memudahkan pelayanan administrasi, yakni Desa Sepotong, Kecamatan Siak Kecil. Desa IT di Desa Sepotong ini, diresmikan pada akhir Februari lalu oleh Penjabat Bupati Bengkalis Syahrial Abdi.

Kehadiran desa IT ini, memberikan kemudian kemudahan kepada masyarakat. Karena masyarakat yang ingin berurusan untuk membuat surat maupun dokumen lainnya, cukup mendapat dari rumah melalui android. Tinggal tekan fitur-fitur yang tersedia, lantas surat bisa langsung diproses. Hanya saja, untuk pengambilan dokumen diurus, tentu masyarakat harus datang mengambil langsung ke kantor.

“Oleh karenanya kami tantangan Kepala Desa Resam Lapis, kiranya pada tahun 2021 ini dapat mewujudkan Desa Digital atau Desa IT,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Yuhelmi memberikan apresiasi atas inovasi yang diprakasai oleh Kepala Desa Resam lapis dan jajarannya menggali seluruh potensi yang ada. Seperti menggali potensi pengolahan depot air minum. Kemudian pengembangan pangan, melalui upaya penanaman talas Meksiko di lahan tidur. #DISKOMINFOTIK