Peduli Lingkungan, Koramil Lakukan Penghijauan

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :
08-July-2010

Bengkalis – Dandim 0303 Bengkalis, Letkol (inf) Sonny Aprianto, SE, mengajak seluruh lapisan masyarakat di wilayah kerjanya, khususnya di wilayah Koramil 01 Bengkalis untuk ambil bagian secara aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk itu, yaitu dengan melakukan penghijauan di lingkungan masing-masing.

Melalui Danramil 01 Bengkalis, Kapten (Arh) Endarta M Kamil ST, hal itu disampaikan Dandim disela-sela acara pelaksanaan gerakan penghijauan di Desa Penampi Kecamatan Bengkalis, Rabu petang (7/7) kemarin. Gerakan penghijauan tersebut ditandai dengan penamaman pohon trembesi.

Kata Sonny, kegiatan penghijauan yang dilakukan jajaran Makodim Bengkalis, termasuk di wilayah Koramil 01 Bengkalis merupakan upaya keluarga besar TNI untuk membantu pemerintah dalam mengkampanyekan arti penting penghijauan bagi kelestarian lingkungan.

Sonny menambahkan, pada kegiatan penghijauan ini, pihaknya sengaja memilih pohon trembesi untuk ditanam. Hal ini dikarenakan pohon ini sangat baik dalam menyerap karbon dioksida.

“Dengan penanaman pohon trembesi ini, selain diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang teduh, juga dapat membantu dalam menanggullangi dan mengurangi akibat pemasanan global (global warming),” jelasnya.

Sementara itu Endarta mengatakan, khusus untuk di wilayah Koramil 01 Bengkalis, pihaknya akan menanam sekitar 5.000 pohon trembesi yang akan dilakukan di seluruh desa/kelurahan di Kecamatan Bengkalis. Khususnya di tempat-tempat yang terlihat tandus dan perlu dihijaukan.

“Yang kita lakukan di Desa Penampi ini merupakan yang pertama dan akan kita lanjutkan dengan kegiatan-kegiatan serupa di desa/kelurahan lain di Kecamatan Bengkalis. Target kita menanam sebanyak 5.000 pohon trembesi,” ujar Endarta.

Ditambahkan Endarta, selain bersama warga setempat, gerakan penghijauan yang dilakukan Koramil 01 Bengkalis ini dilakukan dan bekerjasama dengan berbagai organisasi kepemudaan dan pihak unsur pimpinan kecamatan. “Termasuk juga dengan Gerakan Pramuka,” katanya.

Selain Camat Bengkalis Ja’afar Arief, ikut hadir dalam penanaman pohon gerakan penghijauan di Desa Penampi ini diantaranya Kapolsek Bengkalis, Danposal Bengkalis, Ketua Pepabri serta ketua dan anggota Persit Kartika Candra Kirana Ranting 2 Bengkalis.

sumber bagian humas