BeritaPENAS KTNA KUTAI KIRIM 40 Petani

PENAS KTNA KUTAI KIRIM 40 Petani

Repost on : 15/06/2011 10:46 WIB | 96x
Foto -

15-June-2011

BENGKALIS - Pemkab Bengkalis melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP ) mengetus 40 orang peseta pada Pertemuan Nasional (Penas ) Kelompok Tani Nelayan Andalan ( KTNA ) di desa Perjiwa Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara . selain 40 peserta tersebut , Pemkab juga mengikutsertakan 12 orang pendamping .

Kepala BKP Kabupaten Bengkalis , Darmawi dihubungi selasa (14 /6/11 ) mengatakan ,sejumlah produk unggulan akan ditampilkan saat digar acara itu nanti . Selain Lempuk Durian yang memang dikenal sebagai ciri khasnya Bengkalis , Peserta Bengkalis juga akan menampilkan Beotanol dari Nira Nipah .

“ dua produk unggulan ini akan menjadi andalan kita saat pertemuan itu nanti selain sejumlah produk lainya . Untuk Beotanol dari Nira Nipah mungkin masyarakat Bengkalis sendiri jarang mendegarnya , tapi Beotanol ini sudah dihasilkan oleh kelompok tani Kecamatan Siak Kecil ,” ujar Darmawi .

Pria yang akrab disapa nanang ini menambahkan, produksi beotanol dari pohon Nipah ini diharapkan lebih besar lagi .karena seperti sering disampaikan Bupati Bengkalis , H Herliyan saleh , bahwa pohon Nipah menghasilkan beotanol yang menjajikan dan diharapkan masyarakat agar membudidayakan .

Beberapa kegiatan yang akan dilakukan dikutai nanti kata Darmawi , selain pameran produk unggulan,juga akan dilakukan temu wicara bersam Mentri Pertanian , temu karya , temu gelar dan teknologi , unjuk tangka sebagai petani dan nelayan serta sejumlah kegiatan lainnya .” Insyaallah besok pagi ,Rombongan akan bertolak ke Pekanbaru. setelah berkumpul dipekan, pagi kamis baru berangkat ke kutai . insyaallah sampai di lokasi pada malam hari ,” terang Nanang (Auf_DP )