BeritaSekda Bengkalis Hadiri Acara Rakornas TPAKD dan Silatnas

Sekda Bengkalis Hadiri Acara Rakornas TPAKD dan Silatnas

Repost on : 10/12/2019 14:21 WIB | 37x
Foto Sekretaris Daerah Bengkalis H Bustami HY dan Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis Aulia Army Effendy, ketika mengikuti rakornas, di Ballroom Mulia Hotel Senayan, Selasa 10 Desember 2019.

JAKARTA – Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H Bustami HY mewakali Bupati Bengkalis Amril Mukminin, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) tentang Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dan Silaturahim Nasional (Silatnas) pengembangan Bank Wakaf Mikro (BWM), Selasa, 10 Desember 2019 pagi, bertempat di Ballroom Hotel Mulia Senayan Jakarta.

Acara rakornas itu secara resmi dibuka Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, serta dihadiri sejumlah Menteri Republik Indonesia. Kegiatan tersebut ditaja oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia.

“Kita Pemerintah Kabupaten Bengkalis siap mendukung harapan dari Presiden RI kita, dimana harapan beliau ingin setiap daerah Kabupaten/Kota agar dapat mendukung penuh dengan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dan diharapkan segera dibentuk TPAKD di masing-masing daerah,” ujar Sekda Bengkalis usai mengikuti rakornas.

Alhamdulillah ucap Sekda, di Provinsi Riau yang baru dibentuk TPAKD ini baru ada dua yaitu Pekanbaru dan Bengkalis.

“Dendan terbentuknya Kabupaten Bengkalis TPAKD ini tentunya harapan kita dan harapan presiden juga, supaya percepatan akses keuangan daerah dimasing-masing daerah dapat berjalan dengan baik dan terwujud,” ujar Bustami lagi.

Dengan terbentuk TPAKD ini tambah Sekda, diharapkan juga dapat membantu dalam mengembangkan perekonomian masyarakat, untuk itu kedepan diharapkan kepada masyarakat jika ingin meminjam modal usaha, agar langsung ke jalur bank resmi atau lembaga  keuangan formal lainnya.

Dalam arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dirinya memberikan apresiasi kepada pihak OJK yang telah membentuk  TPAKD yang diharapkan bisa memberikan hasil kongrit dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan.

“TPAKD ini jika dikelola dengan manajemen yang baik akan bisa mendorong literasi  dan inklusi  keuangan meloncat naik,” katanya.

Jokowi juga, berharap kepada semua pihak untuk mendukung tugas-tugas TPAKD termasuk kepala daerah dan kepala dinas daerah untuk membangun kelompok-kelompok usah kecil di masyarakat yang kemudian dicari akses pembiayaannya ke perbankan atau lembaga  keuangan formal lainnya.

“Dengan terbentuknya  TPAKD ini, diharapkan  dapat mendukung berbagai program prioritas  Pemerintah terutama dalam mengembangkan sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru di daerah, seperti industri atau UMKM yang berorientasi ekspor, substitusi impor dan juga industri pariwisata,” tuturnya.

Turut mendampingi Sekretaris Daerah Bengkalis ketika itu, Kabag Pereokonomian dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis Aulia Army Effendy dan ajudan Sekda Bengkalis Fajar.#DISKOMINFOTIK