Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Sekda: Kemerdekaan Adalah Hak Segala Bangsa

icon   Pada 17 Agustus 2019 Bagikan ke :

BENGKALIS, HUMAS - Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis, H. Bustami HY bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), bertempat di Halaman Kantor Bupati Bengkalis, Sabtu (17/8/2019) pagi.

Dalam Sambutan Gubernur yang dibacakan Sekda Bengkalis, mengatakan dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945 yang berisi ”Bahwa Kemerdekaan Adalah Hak Segala Bangsa” menandakan bahwa kemerdekaan bukan hanya milik satu kumpulan masyarakat, akan tetapi milik seluruh bangsa di muka bumi ini. Untuk itu peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI ini dapat kita teladani bahwa kemerdekaan merupakan upaya kebebasan diri pribadi dan kelompok untuk mempertahankan keutuhan bangsa.

Kemerdekaan yang diraih suatu negara bukanlah hasil dari pemberian yang cuma-cuma, namun lebih dari itu meraih kemerdekaan butuh pengorbanan dan perjuangan.

Lebih lanjut Bustami menuturkan, peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI tahun ini mengangkat tema “SDM Unggul Indonesia Maju”. Tema tersebut menggambarkan visi pemerintah dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia. Momentum Kemerdekaan ini merupakan momentum yang tepat untuk memperkokoh tali silaturrahmi Bangsa Indonesia, memperkuat rasa kebangsaan, merayakan kebersamaan dan meningkatkan semangat kerja untuk indonesia yang lebih baik.

“Pola penguatan SDM yang unggul dimulai dari sektor pendidikan, kesehatan dan infrastruktur serta sektor-sektor lainnya yang menjadi pendukung pembangunan SDM. penguatan SDM ini sangat strategis, dimana kita akan menghadapi revolusi industri four point zero. Perkembangan inovasi dan juga kemajuan teknologi informasi saat ini telah menjadi pemicu adanya revolusi industri di berbagai bidang”, kata Bustami.

Kemudian Bustami menambahkan, tidak pelak lagi kita harus menciptakan SDM yang unggul dan kompetitif, sehingga tercipta SDM yang berdaya saing.

“Untuk itu kita berupaya meninggalkan zona nyaman dan terus meningkatkan kapasitas masing-masing serta selalu siap dalam berkompetisi secara positif”, tegas Bustami.

Turut hadir dalam upacara tersebut, Asisten Pemerintahan Hj. Umi Kalsum, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H. Heri Indra Putra, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Haholongan, Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Ekonomi dan Keuangan, H Indra Gunawan, Kepala Dinas Kominfo, Johansyah Syafri, Kepala Dinas PMD, H. Yuhelmi, Kepala Bappenda, Imam Hakim, Kepala Pelaksana BPBD Tajul Mudarris.

Kemudian, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Mustafa, Kadis Lingkungan Hidup, Arman AA, Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Bengkalis Herman, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian H Raja Arlingga, Kepala Balitbang Emri Juli Harnis, Kepala Satpol PP Jenri Salmon Ginting, pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas serta ASN dan tenaga honorer di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.