Sidak ke Bazar Ramadhan Bengkalis, Loka POM Dumai Ambil 20 Sample Makanan, Hasil Pengujian Dinyatakan Aman

icon   Pada 4 Mei 2021 Bagikan ke :

BENGKALIS – Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Dumai melaksanakan pengawasan makanan di dua lokasi bazar Ramadhan di Kecamatan Bengkalis, Senin, 3 Mei 2021.

Sidak Petugas Loka POM Dumai ini didampingi petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bengkalis.

Selain menyampaikan edukasi tentang bahan berbahaya, yakni Formalin, boraks, rhodamin b, methanly yellow, petugas Loka POM Dumai juga memberikan sarung tangan dan brosur berisi tips keamanan pangan.

Petugas juga turut mengambil sample makanan dari lapak pedangan di bazar Ramadhan Sungai Bengkel Bengkalis sebanyak 15 sample, dan 5 sample di Wonosari Barat.

Dari dua lokasi tersebut, petugas Loka POM Dumai mengambil total 20 sampel untuk diuji, hasilnya, dinyatakan aman dan bebas dari kandungan bahan berbahaya.

Ketua Tim Pengawasan Ertha Sastha Silitonga, mengatakan, pihaknya menggunakan metode rapid test saat mengecek sample makanan yang diambil.

“Kami pakai rapid test atau uji cepat, tidak berapa lama hasilnya bisa langsung keluar. Semuanya aman dari bahan berbahaya,” ungkapnya.

Ertha mengimbau pedagang tetap menjaga keamanan pangan yang dijual dari debu dan lalat, yang lebih penting pedagang tidak menggunakan bahan berbahaya saat membuat olahan makanan.#DISKOMINFOTIK